oleh

Ini Syarat Penyerahan Balon Perseorangan

SULTENG RAYA – Bawaslu Kabupaten Banggai bersama KPU setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tentang penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Banggai tahun 2020, di ruang rapat kantor KPU Banggai, Kamis (13/2/2020).

Ketua KPU Banggai, Zaidul Bahri Mokogow menyampaikan, dalam Rapat Koordinasi antara KPU dan Bawaslu Kabupaten Banggai tentang penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Banggai tahun 2020 untuk menyamakan presepsi antara KPU dan Bawaslu Banggai. 

Sementara, anggota KPU Banggai, Makmur Dg Manesa menyebutkan, teknis tata cara penyerahan dan penerimaan dokumen dukungan syarat bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 diantaranya untuk penyerahan dokumen dukungan dilakukan oleh pasangan calon sesuai jadwal pada tanggal 19 s/d 22 Februari 2020 penyerahan dokumen syarat dukungan sampai dengan pukul 16.00 Wita.

Baca Juga :   TNI-Polri Bersama Masyarakat Gotong Royong Jaga Kebersihan

Selanjutnya kata Makmur, tanggal 23 Februari 2020 penyerahan dokumen syarat dukungan sampai dengan pukul 24.00 Wita. “Dokumen dukungan yang diserahkan meliputi Formulir Model B.1-KWK Perseorangan sebanyak jumlah minimal dukungan dan sebaran atau lebih, satu rangkap asli hasil cetak B.1.1-KWK Perseorangan yang dicetak dari Sistem Informasi Pencalonan dan ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon, dan satu rangkap salinan dan 1 (satu) rangkap asli hasil cetak B.2-KWK Perseorangan yang dicetak dari Sistem Informasi Pencalonan,” kata Makmur.

Lanjutnya, untuk penerimaan dokumen dukungan

KPU Kabupaten menerima penyerahan dokumen dukungan dan selanjutnya melakukan pengecekan terhadap jumlah dukungan dan persebarannya dengan cara menghitung jumlah dokumen dukungan asli berupa formulir Model B.1-KWK Perseorangan, menghitung persebaran dukungan yang tercantum dalam formulir Model B.2-KWK, mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum formulir Model B.2-KWK Perseorangan dengan pemenuhan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Baca Juga :   Polsek Bunta Sita Sajam dan Miras

“Dalam hal terdapat dukungan dalam Formulir Model B.1-KWK Perseorangan yang tidak ditempel dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau tidak dilampiri Surat Keterangan dan/atau tidak ditandatangani oleh pendukung, dukungan tersebut tidak dihitung sebagai dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan,” ujar Makmur.

Sementara, dalam hal jumlah dukungan dan persebaran yang tercantum dalam formulir Model B.2-KWK Perseorangan tidak sesuai dengan jumlah formulir B.1-KWK Perseorangan dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan, Pasangan Calon perseorangan melakukan penyesuaian jumlah dukungan dan persebaran dalam formulir Model B.2-KWK Perseorangan.  

“Penyesuaian sebagaimana dimaksud dapat dilakukan dengan mencoret hasil cetak, formulir Model B.2-KWK Perseorangan dan membubuhkan paraf pada hasil perbaikan, kemudian melakukan input dokumen pembetulan pada Sistem Informasi Pencalonan,” ucapnya.

Baca Juga :   Polisi di Banggai Semprot Disinfektan di Rumah Warga

Selain itu kata Makmur, Bakal Pasangan Calon perseorangan dapat menunjuk petugas untuk mendampingi proses pengecekan dukungan. Dalam hal jumlah dukungan dan persebarannya tidak memenuhi syarat jumlah dukungan dan persebaran dan/atau tidak memenuhi ketentuan formulir, KPU Kabupaten Banggai memberikan tanda pengembalian penyerahan dukungan.

“Dalam hal sampai dengan akhir masa penyerahan dan setelah dilakukan pengecekan terhadap jumlah dan sebaran dukungan Bakal Pasangan Calon, dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon tidak memenuhi syarat dukungan, KPU Kabupaten Memberikan memberikan Berita Acara Model BA.1-KWK Perseorangan (Tidak Memenuhi Syarat). Serta dalam hal jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum pada dokumen sebagiamana dimaksud telah memenuhi syarat jumlah dukungan dan persebaran, KPU Kabupaten Memberikan memberikan tanda terima penyerahan dukungan dan Berita Acara Model BA.1KWK Pereseorangan (Memenuhi Syarat),” jelasnya. MAM

Komentar

News Feed