oleh

Longki: Lore Cocok Ditanami Bawang Putih

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola melakukan penanaman perdana bibit bawang putih di kebun Kelompok Tani Mekar Baru yang berlokasi di Desan Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Kamis (6/2/2020).

Pilihan Kecamatan Lore Utara sebagai tempat penanaman bibit bawang putih bukan tanpa alasan. Gubernur Longki, mengungkapkan, pengembangan komoditi bawang putih di wilayah Lore merupakan hasil penelitian dengan melihat kondisi tanah di wilayah tersebut.

“Tanah di wilayah Lore cocok dilakukan penanaman Bawang Putih ,” katanya.

Bibit bawang putih merupakan bantuan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulteng dan HKTI Nusa Tenggara Barat (NTB) yang difasilitasi Dinas Pertanian Sulteng dan Pemerintah Kabupaten Poso.

Langkah perdana pengembangan komoditas bawang putih di wilayah Lore masih terbilang baru dikalangan masyarakat sekitar. Pasalnya, masyarakat belum terbiasa menanam bawang putih. Meski begitu, Gubernur Longki, berharap dapat mengembangkan komoditi bawang putih sembari mengembangkan komoditi lainnya.

“Dikombinasi dulu dengan tanaman yang sudah digeluti selama ini, saya yakin dicoba pasti bisa merawat tanaman ini dan berhasil,” ucapnya.

Untuk langkah selanjutnya,  Pemerintah Provinsi Sulteng akan mendatangkan petani bawang putih dari NTB untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat di wilayah Lore dalam satu musim tanam. Sehingga, masyarakat dapat memahami dan mengembangkan komoditas yang satu ini. 

Di sisi lain, geliat mengembangkan bawang putih di Sulteng tidak terlepas dari dampak positif perpindahan Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur. Menurut Gubernur Longki, potensi pertanian di Sulteng sangat menjanjikan dengan berpindahnya ibukota negara yang baru.

“Semua ini untuk memastikan Sulteng sebagai daerah penyangga kebutuhan Ibu Kota Negara, termasuk  pemasuk komoditas pertanian hotikultura,” jelasnya.  RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed