oleh

Dinas PUPRP Parmout Fokus Perbaikan Jalan, Air Bersih dan Irigasi

SULTENG RAYA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout)  memfokuskan pembangunan infrastruktur pada tiga kegiatan untuk program tahun 2020. Ketiga kegiatan itu adalah perbaikan jalan, air bersih dan perbaikan irigasi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas PUPRP Parmout, Arifin Amat, di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020) kemarin.

Arifin menjelaskan, untuk tiga kegiatan itu, pihaknya akan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan rincian untuk perbaikan jalan sebesar Rp38 miliar, air bersih Rp35 miliar dan irigasi sebesar Rp4 miliar. Dijelaskan, untuk perbaikan jalan akan dilaksanakan di beberapa titik diantaranya di Kecamatan Balinggi, Kasimbar, Ampibabo dan beberapa kecamatan lainnya.

Untuk air bersih kata Arifin akan difokuskan pada sanitasi dan perpipaan diantaranya pembuatan bak penampungan di Kecamatan Balinggi dan Kecamatan Moutong serta instalasi perpipaan hampir di semua kecamatan di wilayah Kabupaten Parmout.

Sedangkan irigasi akan dilakukan perbaikan jaringan irigiasi di beberapa titik di beberapa kecamatan.

“Saat ini kami masih mempersiapkan pembentukan Pokja. Setelah Pokja dilantik dan ditetapkan baru kita mau lelang. Mudah-mudahan bulan Februari kita bisa melakukan proses lelang,”ujar Arifin.

Sementara lanjut Arifin, untuk anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dinasnya mendapat alokasi anggaran sebesar Rp18 miliar. Dana itu katanya akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur dalam rangka menunjang pelaksanaan iven nasional Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parmout pada bulan Oktober 2020 mendatang.

“Kita akan melakukan pembangunan jalan ke kantong produksi atau pembangunan jalan yang melewati basis pertanian dan perikanan dalam rangka menunjang kegiatan Hari Pangan Sedunia yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong,”pungkasnya. AJI

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed