oleh

KK dan Akte Lahir Bisa Diurus di Empat Kecamatan

SULTENG RAYA – Tahun ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu melakukan inovasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya, pengurusan akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) sudah bisa dilakukan di kantor kecamatan.

Kepala Disdukcaapil Kota Palu, Rosida Thalib, mengatakan, inovasi tersebut masih beaku di empat kecamatan, yakni Kecamatan Palu Utara, Palu Selatan, Palu Timur dan Tawaeli.

“Jadi bagi masyarakat di empat kecamatan tersebut apabila hendak mengurus akte kelahiran dan KK tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil, namun cukup mendatangi kantor kecamatan saja sudah bisa mengurusnya,” jelas Rosida kepada Sulteng Raya, Rabu (8/1/2020).

Rencana itu, kata Rosida, pihaknya telah melaksanakan tahapan persiapan. Ia menargetkan inovasi itu terealisasi Januari 2020.

“Pekan depan Disdukcapil akan melakukan penataan ruangan di kecamatan sekaligus mengecek kelengkapan peralatan dan jaringan. Kita bahkan menargetkan tahun ini pengurusan akte kelahiran dan KK bisa mencakup enam kecamatan sekaligus,” ucapnya.

Rosida menjelaskan, Inovasi tersebut sebagai salah satu upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap, inovasi tersebut bisa memudahkan masyarakat serta mengefisiensikan waktu.

Tidak hanya pengurusan, di empat kantor kecamatan tersebut, juga sudah bisa mencetak langsung.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama ataupun jauh-jauh datang ke kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Meski begitu, Disdukcapil Kota Palu tetap menempatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PHL berjumlah empat orang di kantor kecamatan untuk mengontrol proses pengurusan KK dan akte kelahiran.

“Keempat orang itu yakni tiga kepala bidang dan satu sekretaris. Namun nantinya akan ada pertukaran dengan staf lainnya,” katanya.

“Adapun terkait tanda tangan untuk keperluan dokumen akte kelahiran maupun KK, masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada tanda tangan elektronik yang dapat dilakukan dimanapun, sehingga lebih efisien waktu,” lanjutnya.NDY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed