oleh

DPMD Siap Meningkatkan Kapasitas Aparat Desa

SULTENG RAYA – Salah satu upaya mencegah aparat desa di Sulawesi Tengah dari jeratan hukum, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulteng memandang perlu adanya penguatan kapasitas aparat pemerintah desa.

Dalam rangka memberikan penguatan kapasitas tersebut, Kepala DPMD Sulteng melalui Kepala Sub Keuangan dan Aset, Amin Sudin, mengatakan, pihaknya bakal dimaksimalkan melalui pelatihan-pelatihan.

“Tahun 2020 akan dilaksanakan pelatihan aparat desa dengan dua angkatan saja,” katanya saat ditemui media ini, Senin (13/1/2020).

Pelatihan tersebut, bertujuan agar aparat desa memiliki wawasan mengelola pemerintahan desa secara benar dan sesuai peraturan perundang-undangan. Mengingat, banyaknya kasus ditemukan penyalahgunaan oleh aparat desa, khususnya kepala desa.

Dalam pelatihan itu, kata Amin, aparat desa akan menerima berbagai materi, diantaranya manajemen administrasi pemerintahan, keuangan desa hingga bagaimana perencanaan pembangunan desa.

“Semua ini diberikan agar mereka memahami bagaimana cara menjalankan roda pemerintahan,” jelasnya.

Sementara untuk peserta pelatihan, setiap angkatan akan diikuti 35 aparat desa dari seluruh desa di Sulteng. Untuk angkatan pertama, rencananya dilaksanakan pada Mei 2020 dan angkatan kedua pada Juli 2020 mendatang.

Selain mengenai manajemen pemerintahan, dalam pelatihan tersebut, juga tidak kalah pentingnya bagaimana memaksimalkan pengeloaan manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Menurut Amin, aparat desa perlu memahami meanajemen keuangan hingga sistem akuntansi.

“Supaya Bumdes bisa dijalankan tanpa ada penyalaguhaan keuangan. Dengan begitu, Bumdes dapat benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat desa,” jelasnya. RAF

 

Komentar

News Feed