oleh

Kepala BKN Ingatkan ASN Dipindah Setelah Dua Tahun

SULTENG RAYA – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Dr. Ir Bima Haria Wibisana, MSIS pada acara pertemuan dengan Apartur Sipil Negera (ASN) Donggala di halaman Kantor Bupati Donggala, Jumat (10/1/2020) menjelaskan UU No.5/2014 tentang ASN yang pada intinya berisi sistem merit.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin dan kondisi kecatatan.

Para ASN diwajibkan untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan dengan mengikuti pengembangan kapasitas 20 jam dalam setahun agar dapat memberikan pelayanan publik secara lebih berkualitas.

“Sistem merit itu juga akan memberikan penghargaan kepada mereka yang bekerja dengan baik. Jadi ada dua sisi. Kinerja dan penegakan disiplin,” jelasnya.

Bima Haria mengatakan, selama ini ia banyak menerima aduan mengenai banyaknya ASN terutama fungsional yang tidak disiplin dalam bekerja. Sehingga ia berharap kepada ASN Kabupaten Donggala agar selalu memegang teguh disipilin yang telah ditetapkan.

Demi menjaga kinerja para ASN agar tetap baik, ia menegaskan perlunya penyegaran dalam jabatan secara berkala dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Dalam UU ASN seseorang tidak bisa dipindah sebelum 2 tahun dan tidak lebih dari 5 tahun.

Jadi sebaiknya disegarkan jika sudah lima tahun,” kata kepala BKN dalam acara yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Moh. Yasin. WAH

 

Komentar

News Feed