oleh

MDMC Salurkan Rp3 Miliar Lebih Untuk Warga Sirenja

SULTENG RAYA- Sekitar 444 orang warga di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala menerima bantuan dana tunai bersyarat dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) melalui program Pemulihan Usaha Mikro (PUM).

Program ini, hasil kerjasama MDMC dengan Solidar Suisse, sebuah lembaga Kemanusiaan dari Negara Swiss. Penyerahan bantuan tersebut, dipusatkan di Kantor Pos Tompe Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (20/12/2019).

Penyerahan Bantuan kali ini, dipimpin oleh Vice Program Maneger MDMC, Fery ISA Abdullah dan disaksikan Project Manager Solidar Suisse, Darlis Nasution.

Vice Program Maneger MDMC, Fery ISA Abdullah mengatakan, bantuan itu merupakan bantuan tahap pertama, sebanyak 50 persen dari total bantuan yang telah disepakati bersama antara pelaksana program PUM dengan penerima manfaat, dimana masing-masing penerima manfaat mendapatkan bantuan maksimal Rp4 juta. “Rata-rata warga mengajukan permohonan antara Rp3,8 juta sampai Rp4 juta,” jelas Fery kepada media ini.

Baca Juga :   Sulteng Kini Miliki Delapan Pertashop

Kata dia, Warga yang menerima bantuan merupakan mereka yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai penerima manfaat program PUM hasil kerjasama MDMC dan Solidar Suisse.

Sebelum menerima bantuan tahap pertama, para penerima manfaat diikutkan pelatihan tiga kali, yakni Pelatihan Rencana Pemulihan Usaha, Pelatihan Pembukuan Sederhana, dan Pelatihan Kewirausahaan.

“Mereka yang telah mengikuti tiga pelatihan tersebut, diminta membuat perencanaan pemulihan usaha mikro mereka, yang sebelum bencana gempa bumi dan Tsunami berjalan lancar. Namun kemudian pascabencana, usaha mereka lumpuh dan dibutuhkan bantuan untuk pemulihan,” jelasnya.

Menurut Fery, 444 warga yang menerima bantuan tersebut, berasal dari empat desa yakni Desa Lompio sebanyak 80 orang, Desa Dampal sebanyak 100 orang, Desa Balentuma sebanyak 79 orang, dan Desa Tondo sebanyak 185 orang.

Baca Juga :   PKBI JMK OXFAM Bantu Korban Banjir Bandang di Desa Limboro

“Penyerahan bantuan ini, merupakan penyerahan yang ketiga, sebelumnya pada hari Jumat 13 Desember 2019 dan hari Selasa 17 Desember 2019,  juga dilakukan penyerahan bantuan serupa, untuk 167 orang penerima manfaat, yang terdiri dari Desa Jono Oge 44 orang dan Desa Sipi 123 orang,” tandasnya.

Namun perbedaannya, sebelumnya penyerahan bantuan melalui Bank BRI unit Tompe. Dan kali ini, melalui kantor Pos Tompe. “Dengan demikian, hingga saat ini, bantuan yang telah disalurkan sekitar Rp2,4 miliar yang diperuntukan untuk 611 orang,” jelasnya.

Lanjut Fery, dalam bulan ini juga, rencananya akan disalurkan lagi sekitar Rp1 miliar untuk 251 orang yang tersebar di dua desa yakni Desa Tompe dan Desa Lende, sehingga sebelum tahun 2019 berakhir, total warga yang diberikan bantuan sebanyak 862 orang, yang tersebar di delapan desa. “Sementara sejumlah desa lainnya di Kecamatan Sirenja seperti Desa Tanjung Padang, Lende Tovea, dan Sibado, direncanakan pada 2020 mendatang,” pungkasnya.*/AMI

Baca Juga :   PKBI JMK OXFAM Bantu Korban Banjir Bandang di Desa Limboro

Komentar

News Feed