oleh

Kemenag Sulteng Sosialisasi KMA 183/2019

SULTENG RAYA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu, Sabtu (21/12/2019).

Selain KMA 183, Kanwil Kemenag Sulteng juga menyosialisasikan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, H Kamaruddin Syam, mengatakan, KMA 183 tersebut merupakan pengganti KMA Nomor 165 Tahun 2013. Sementara KMA 184 merupakan pengganti KMA Nomor 117 Tahun 2014.

“KMA ini baru berlaku tahund depan, yakni pada tahun pelajaran 2020/2021. Namun, kita sebagi pihak terkait sudah perlu mempelajari lebih awal. Kita harus siap terhadap segala kemungkinan diakibatkan perubahan regulasi. Sehingga ketika regulasi ini resmi diberlakukan, semua pihak telah siap,” jelas H Kamaruddin Syam

Baca Juga :   Ops Zebra Ciptakan Situasi Lalulintas yang Tertib

Ia berharap, para peserta terdiri dari pengawas madrasah, kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Palu, dapat mengembangan kurikulum madrasah berdasarkan KMA 183 dan 184 Tahun 2019 di madrasahnya masig-masing.

“Selain itu kami berharap riset menjadi salah satu mata pelajaran pilihan, baik intra maupun ekstrakurikuler,” kata H Kamaruddin Syam.

Selain itu, ia berharap para guru madrasah juga mampu mengembangkan soal berwawasan Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

“Tujuannya, agar dapat mengunggah kompleksitas berpikir siswa dan daya analitis siswa,” ucapnya.

Tidak hanya itu, kepala madrasah ataupun wakil kepala madrasah bidang kurikulum dalam menjalankan kepemimpinan diharapkan memiliki target capaian. Baik target mata pelajaran, sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga :   BNNP: Kalau Bukan Pemuda, Siapa Lagi?

“Mari kita tinggalkan kebiasaan stagnan dan tidak aplikatif kreatif pada setiap pendidik dan membangun sistim aplikasi kreatif yang berkesinambungan,” katanya.

Diketahui, KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah memiliki ruang lingkup, kerangka dasar kurikulum PAI dan bahasa arab, standar kompetensi lulusan dan standar isi PAI dan bahasa arab.

Selanjutnya, pembelajaran PAI dan bahasa arab, penilaian PAI dan bahasa arab serta kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) PAI dan bahasa arab pada madrasah.HGA

Komentar

News Feed