oleh

Masyarakat Bisa ‘Cegah’ Peredaran Narkoba

-HEALTH, Kota Palu-dibaca 630 kali

SULTENG RAYA – Masalah peredaran gelap narkoba sudah harus menjadi perhatian semua pihak, termasuk masyarakat.

Jika hanya mengharapkan pihak berwenang untuk menuntaskan masalah peredaran narkoba, kemungkinannya sangat kecil. Terlebih, keterbatasan personel di wilayah kerja yang sangat luas.

Sebenarnya, peran masyarakat adalah kunci untuk bisa mencegah maupun menuntaskan peredaran gelap narkoba.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tengah, Hartini, mejelaskan, masyarakat ataupun pemuda harus mengambil peran dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba. Caranya, melaporkan pihak yang terindikasi menggunakan narkoba ke BNN, untuk dilakukan  rehabilitasi.

“Dengan melaporkan pihak yang terindikasi menggunakan narkoba, hal ini dapat menjadi bukti bahwa masyatakat dan BNN sudah menjalin kerja sama yang baik,” Kata Hartini, saat membawakan materi pada kegiatan seminar penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik SMK di wilayah Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), dengan tema ‘menangkal paham radikal, informasi hoax dan penyalahgunaan napza di era industry 4.0’, di Aula Polibu Utama LPMP Sulteng, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga :   DORONG CAPAIAN HERD COMMUNITY, PTM. Alitopan Club-TNI Angkatan Laut Vaksin Masyarakat

Salah satu upaya yang terus didorong BNNP Sulteng dalam rangka mencegah peredaran narkoba di Sulteng, yakni terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak penggunaan narkoba, ciri-ciri pengguna narkoba, hingga ajakan kepada masyarakat untuk melaporkan pihak yang terindikasi menggunakan narkoba ke BNN.

“kegiata-kegiatan seperti inilah salah satu sarana BNN untuk terus menggaungkan ‘Stop Narkoba’. Hal ini, dapat dikatakan sebagai salah satu upaya pihak BNN dalam menuntaskan masalah penyalahgunaan narkoba di Sulteng,”ucapnya.

Pasti, kata dia, penyalahgunaan narkoba dapat sangat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Tidak hanya mengakibatkan efek kecanduan atau ketergantungan yang berlebihan, namun dapat merusak diri hingga terdapat ancaman hukuman.

Baca Juga :   Tahun Depan, Seluruh Pegawai Non ASN di Parmout Terlindungi BPJamsostek

“Maka selaku Kabid P2M, kami sangat perlu bantuan masyarakat untuk mau menjalin kerjasama dengan pihak BNN untuk mencegah peredaran narkoba tersebut di kalangan remaja dan di Sulteng, agar semua kalangan dapat terhidar dari bahaya narkoba dan dapat hidup sehat,” ucapnya.CR3

Komentar

News Feed