oleh

Kegiatan Ekstrakurikuler Mampu Cegah Narkoba di Lingkungan Pelajar

SULTENG RAYA-Pengamat Pendidikan Kota Palu Dr. Asep Mahfuz, mengatakan kegiatan ekstrakurikuler yang padat di sekolah dianggap mampu mencegah maraknya penggunaan narkoba di kalangan pelajar.

“Pihak sekolah harus terus mengembangkan pembinaan kegiatan ekatrakurikuler yang terjadwal dan terprogram untuk memgurangi dan meminimalisir peluang kumpul-kumpul peserta didik tanpa kegiatan positif yang berkualitas diluar sekolah,” katanya kepada Sulteng Raya saat dihubungi Selasa (26/11/2019).

Ia juga mengatakan, pentingnya dukungan dari keluarga dan kerabat juga mampu mencegah anak dari pengaruh negatif Narkoba

“Pendidikan karakter yakni pembinaan nilai-nilai agama dan nilai sosial budaya perlu ditanamkan dalam setiap aktifitas dan kegiatan anak remaja, agar terarah dan positif dan juga kontrol keluarga maupun kerabat, kontrol ini sangat diperlukan dalam proses pergaulan anak terlebih dalam masa akil balik,”katanya

Baca Juga :   Vaksinasi Guru Ditargetkan Selesai Akhir Maret

Lebih lanjut kata dia, peran serta dan dukungan masyarakat juga dapat mencegah maraknya peredaran narkoba dikalangan remaja.

“Masyarakat juga perlu digalang kepeduliannya dengan melakukan pembinaan aktivitas remaja dilingkungan sehingga jangan sampai ada anak-anak yang berkumpul atau bergerombol pada waktu-waktu tertentu di suatu tempat tanpa adanya kontrol warga, karena hal ini dapat menjadi peluang para pengedar untuk mempengaruhi mereka, dengan alasan keren dan gaya hidup yang kolektif dan solider antar teman hal ini menguntungkan bagi pengedar narkoba ” katanya.

Adapun yang menjadi pemicu maraknya peredaran Narkoba dikalangan pelajar menurutnya yakni para remaja umumnya masih dalam sikap yang labil, masih mencari jati diri, mau eksis dan cenderung suka mengetahui dan merasakan hal-hal yang baru sehingga  menjadi mudah menjadi pasar bagi pengedar narkoba.

Baca Juga :   Vaksinasi Guru Tingkatkan Kepercayaan Orangtua Mendukung Tatap Muka

“Awalnya mereka hanya diberikan cuma-cuma, namun setelah mereka mulai kecanduan mereka akan terus-terus menggunakan narkoba,” katanya.CR1

Komentar

News Feed