oleh

Forikan Siap Dorong Gemarikan di Sulteng

SULTENG RAYA – Hari ini, Rabu (20/11/2019), Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola siap mengukuhkan pegurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sulteng masa bakti 2019-2021.

Forikan Sulteng yang menjadi pendukung 3 pilar misi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, yakni Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesejahteraan itu kini dinahkodai Hj Zalzulmida Djanggola selaku ketua dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng, Moh Arief Latjuba sebagai ketua harian.

Kepala DKP, Moh Arief Latjuba, mengatakan, Forikan nantinya bakal menjadi salah satu sarana untuk menggeliatkan dan memasyarakatkan konsumsi ikan masyarakat di Sulteng melaui program kampanye gemar makan ikan (Gemarikan). Tujuannya, kata dia, pemenuhan gizi dan sebagai upaya mencegah stunting di masyarakat.

Baca Juga :   Kaper Erna: Penyuluh KB Harus Punya Integritas

“Kita dari pemerintah provinsi, khususnya leading sektor perikanan dalam november ini, ada kegiatan yang sifatnya secara nasional tingkat provinsi yakni kegiatan forum peningkatan melibatkan stakeholder perikanan di Sulteng untuk dikukuhkan yakni Forikan. Semuanya akan dikukuhkan, dan semoga kepengurusannya dapat berjalan dengan baik,” ujarnya kepada Sulteng Raya, Selasa (19/11/2019).

Dalam kegiatan pengukuhan di Pogombo itu, kata Arief, nantinya akan dilaksanakan juga sejumlah rangkaian kegiatan seperti dialog tentang perikanan dengan mengundang narasumber dari Pemerintah Pusat untuk edukasi terkait tema yang akan disajikan.

“Karena tema ini mengarah pada, bagaimana untuk menjaga bersama agar masyarakat tetap sehat, kita juga libatkan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng sebagai narasumber, dan tentunya ketua umum sendiri yang bakal menjadi narasumber yang fokus bahasannya tentang stunting dan korelasi dengan sektor perikanan,” ujarnya.

Baca Juga :   Realisasi Pajak Dikelola BPD Palu Lampaui Target

Rangkaian kegiatan tersebut tak hanya sampai pada pengukuhan, dialog dan rapat kerja. Pada esoknya, Kamis (21/11/2019) akan juga dilaksanakan iven penyemarak yakni gebyar gemarikan yang terdapat sejumlah rangkaian kegiatan didalamnya di Lapangan Pogombo.

“Kegiatan itu akan memasyarakatkan gemar makan ikan. Ini kita rangkaian dengan lomba memasak serba ikan yang diikuti oleh 13 Kabupaten dan Kota yang sudah terseleksi ditingkat daerah masing-masing, lomba mewarnai tingkat TK juga melibatkan sekitar 150 anak,” tuturnya.

Moh. Arief Latjuba mengajak masyarakat Kota Palu untuk hadir memeriahkan kegiatan itu sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah memasyarakatkan konsumsi ikan di Sulteng.

Menurutnya, tingkat konsumsi ikan di Sulteng meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016 presentasenya yakni 47,27 kg per kapita per tahun. Meningkat pada 2017 menjadi 52,34 kg per kapita per tahun. Sedangkan pada 2018, juga mengalami peningkatan 56,65 kg per kapita per tahun.

Baca Juga :   Survey Trans Data, Hadi-Reny unggul Jauh di Pilkada Kota Palu

“ Dengan adanya pencanangan Forikan, kita berharap dapat lebinh menggenjot tingkat konsumsi. Secara angka kita sudah menunjukkan geliat bahkan diatas rata-rata nasional, namun harus ada lagi yang menjadi penggerak untuk lebih menggeliatkan, salah satunya Forikan ini,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed