oleh

Pasha Harap Pelayanan Masyarakat Semakin Baik

SULTENG RAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah kini menjadi Polda tipe A. Sebelumnya, Polda Sulteng adalah tipe B.

Kenaikan tipologi Polda Sulteng ditandai dengan penyerahan Pataka Polda Sulteng Wiradharma Brata serta penandatanganan prasasti oleh Kapolri Jendral Polisi Idham Asiz sekaligus pengukuhan Brigjen. Pol Lukman Wahyu Hariyanto, sebagai Kapolda Sulteng Tipologi A, di halaman Polda Sulteng, Jumat (15/11/2019).

Kenaikan dari tipe B ke tipe A tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1965/X/2019 tertanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Polda Sulawesi Tengah dari Polda Tipe B menjadi Polda Tipe A.

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said menyambut baik kenaikan tipologi Polda Sulteng. Ia berharap kenaikan tipologi tersebut menambah semangat seluruh pelayanan publik Sulteng, khususnya Kota Palu menjadi lebih baik.

Baca Juga :   Dua Siswa MAN IC Palu Ikut Seleksi Beasiswa ‘Indonesi Maju’

“Semoga dengan kenaikan tipologi (Polda Sulteng) ini kita semua semakin bersemangat dalam melayani masyarakat,” kata Pasha, sapaan akrab Wawali Sigit.

 

PILKADA 2010, POLISI HARUS NETRAL

Sementara itu, Kapolri, Jendral Polisi Idham Asiz,  dalam arahannya berpesan kepada seluruh anggota Polisi jajaran Polda Sulteng untuk bersikap netral dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah itu pada 2020 mendatang.

Sikap netral, kata Jenderal Idham Aziz, harus ditunjukkan mulai dari unsur pimpinan seperti Kapolda maupun Kapolres di Sulawesi Tengah.

“Pesan saya sebagai orang tua dan senior, kau tidak usah dimana-mana tapi ada dimana-mana. Terjemahkan kata-kata saya,” tegas Kapolri Idham Aziz.

Upacara pengukuhan ini dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah yang diisi berbagai penampilan dari anggota Polisi. Sementara Wakil Wali kota Palu juga berkesempatan berduet langsung bersama Kapolri dengan menyanyikan lagu ‘Bongkar’ yang dipopulerkan Musisi Iwan Fals.

Baca Juga :   Kemenag Palu Siap Mewujudkan ZI Menuju WBK-WBBM

Disadur dari id.wikipedia.org, di Indonesia, dikenal tiga tipe Polda, yakni tipe A-K (A+), tipe A dan tipe B.

Polda Tipe A-K saat ini hanya Polda Metro Jaya. Polda Tipe A-K dan Tipe A dipimpin seorang perwira tinggi bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen), sedangkan Tipe B dipimpin perwira tinggi bintang satu berpangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen).

Di Indonesia, masih terdapat tujuh Polda yang masih berstatus sebagai tipe B, yakni Polda Kepulauan Bangka Belitung, Polda Kalimantan Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Barat, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat. HGA

Komentar

News Feed