oleh

SIKORA, Maskot Pilkada Kota Palu

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, meluncurkan maskot dan jingle pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu tahun 2020 mendatang, Jumat  (8/11/2019) lalu.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Palu, Idrus menjelaskan, maskot itu diberi nama SIKORA (Si Kotak Suara) yang merupakan perpaduan antara kotak suara pada bagian badan dan sou raja yang merupakan rumah raja sebagai simbol kebesaran masyarakat Kaili pada bagian atas atau kepala dari maskot SIKORA.

Idrus  mengatakan, SIKORA yang berarti Si Kotak Suara, mengambil awalan (Si) agar tidak menyatakan genre tertentu, sehingga bisa lebih netral untuk Calon Wali kota dan Calon Wakil Wali kota Palu.

Baca Juga :   Bentuk Tim Sosialisasi, Pemprov Tunggu Naskah Asli UU Ciptaker

Terkait bentuk kotak suara dan simbol sou raja sebagai aksesoris di bagian kepala maskot, Idrus menjelaskan bahwa hal itu merupakan simbol kebesaran masyarakat Kaili yang mendiami lembah Palu.

“Sou Raja atau Banua Oge adalah simbol pemersatu, simbol mempererat tali silaturahmi. Karena itu, kami memilih sou raja sebagai ikon yang kami pasang dengan kotak suara, sebagai simbol wadah untuk memilih pemimpin di Kota Palu. Pemimpin yang bijaksana, adil dan mengayomi masyarakat,” jelasnya.

Idrus mengatakan, selain maskot, KPU Kota Palu  juga meluncurkan jingle pada Pilkada Kota Palu 2020. Jingle tersebut diberi judul AYO MEMILIH UNTUK KOTA PALU.

Lirik lagu tersebut mengambarkan tentang kebangkitan Kota Palu, pascabencana alam yang terjadi tanggal 28 september yang lalu.

Baca Juga :   Realisasi Dana Stimulan Tahap II Rp403 Miliar

“Liriknya memberikan semangat kepada masyarakat Kota Palu untuk bangkit pascabencana,”ujar Idrus. WAN

Komentar

News Feed