oleh

Gubernur Pesan Siswa Dididik Secara Tulus

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, mengukuhkan 16 kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Tengah di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng, Senin  (11/1/2019).

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki berpesan  kepada kepala sekolah serta guru di SLB agar dapat mendidik siswa penyandang disabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan tulus dan ikhlas.

“Memimpin sekolah SLB memang tidak mudah. Apalagi mendidik anak-anak dengan keterbatasan, sangat dibutuhkan tanggung jawab, ketulusan dan keikhlasan,” kata Gubernur Longki.

Meningkatkan mutu pendidikan bagi ABK, kata dia, tentunya menghadapi berbagai tantangan berat. Mengingat, siswa yang dibina berbeda dengan siswa pada umumnya.  Apalagi, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan baik dalam mengelola satu lembaga pendidikan.

Kepala Sekolah memiliki peran strategis dalam meningkatakan mutu satuan pendidikan. Pemikiran itu diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.  Dalam aturan itu, kepala sekolah bukan lagi tugas tambahan, tapi sebagai tugas pokok. Makanya harus fokus membangun sekolah,” jelasnya.

Berangkat dari regulasi itu, maka kepala sekolah tidak lagi dibebani tugas mengajar. Namun, kata Gubernur Longki, dalam kondisi tertentu, kepala sekolah bisa turun lansung memberikan mata pelajaran kepada siswa. Misalnya, sekolah tersebut memiliki kekurangan guru.

“Kalau sekolah itu kekurangan guru, maka dengan terpaksa kepala sekolah harus mengajar juga. Paling tidak pelajaran yang dikuasai dan  dimengerti,” ujarnya.

Selain kepaal sekolah, para guru juga dituntut untuk mendorong meningkatkan mutu pendidikan melalui aktivitas mengajar. Melihat kondisi para ABK berbeda dengan siswa pada umumnya, maka guru perlu memiliki kompetensi khusus  dalam mendidik para siswa penyandang disabilitas.  RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed