oleh

Bulog Baru Serap Beras Petani 44 Persen

SULTENG RAYA – Hingga triwulan III 2019, Perusahaan Umum (Perum) Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tengah baru menyerap beras petani lokal 44 persen dari target tahun ini sebanyak 32.000 ton.

Kepala Bulog Divre Sulteng, Miftahul Ulum, mengatakan, serapan harian perusahaan plat merah itu sudah berkurang akibat kondisi pertanian daerah belum stabil di sejumlah sentra serapan.

Ditambah lagi, kata dia, dengan kondisi panen petani yang tidak merata sebagai salah satu faktor penyebab serapan harian tidak optimal.

“Sejumlah daerah juga sudah mulai mengalami musim hujan, itu tentunya jadi hambatan bagi kami dan petani untuk memaksimalkan serapan, apalagi kan belum seluruhnya menanam. Belum lagiharus bersaing dengan pedagang luar daerah yang notabenenya membawa stok pangan daerah ke luar daerah,” kata Miftahul Ulum kepada Sulteng Raya, Sabtu (19/10/2019).

Meski demikian, pihaknya mengaku tetap berupaya memaksimalkan serapan disisa tahun berjalan. Saat ini juga, menurut Miftahul Ulum, gudang bulog stoknya masih sangat memadai untuk Operasi Pasar (OP) maupun untuk penyaluran BPNT. RHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed