oleh

SMKN 3 Palu kembali melaksanakan Pelatihan Asesor

SULTENG RAYA – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palu kembali melaksanakan Pelatihan Asesor yang kedua kalinya, sebelumnya pelatihan ini pertama kali dilakukan pada 2017 lalu, pelatihan ini di laksanakan di Rama Garden Hotel Palu, Selasa (8/10/2019).

Pada pembukaan pelatihan asesor ini, Master assesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Ahmad Daud SE. M.Si, ia mengatakan bahwa hanya 48 SMK di Sulawesi yang telah memiliki LSP. “Menurut data BNSP di Indonesia ada 914 SMK yang memiliki LSP, khusus untuk Sulawesi hanya berjumlah 48, dan jumlah yang paling banyak di dominasi oleh Pulau Jawa,” katanya .

Hal ini yang mendorong agar kegiatan pelatihan Asesor harus terus di dukung, “Sehingga kami sangat mengapresiasi dan mendukung diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini,”katanya.

Baca Juga :   Vaksinasi Guru Tingkatkan Kepercayaan Orangtua Mendukung Tatap Muka

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palu Triyono, mengatakan hanya empat SMK di Sulawesi Tengah yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) salah satunya SMKN 3 Palu yang telah memiliki LSP-P1. “Di Sulawesi Tengah masih kurang SMK yang memiliki LSP, hanya empat SMK saja yang sudah memiliki LSP-P1 yakni, SMKN 3 Palu, SMKN 2 Palu, SMKN 1 Toli-toli, dan SMKN 1 Luwuk,” katanya.

Namun dari jumlah tersebut, hanya SMKN 3 Palu yang melakukan kegiatan Pelatihan Asesor. “Yang melakukan pelatihan seperti ini harus LSP dan seperti yang saya katakana tadi, di Sulteng sendiri hanya ada empat LSP dan dari empat LSP yang saya sebutkan tadi hanya SMKN 3 Palu yang membuat pelatihan Asesor ini,”katanya.

Baca Juga :   Vaksinasi Guru Diharapkan Mampu Menormalisasi Pembelajaran Tatap Muka

Pelatihan yang dihadiri 24 peserta dari lima sekolah tersebut bertujuan untuk menambah ruang lingkup skema sertifikasi bagi SMK yang telah memiliki LSP.

Pentingnya pelatihan Asesor untuk meningkatkan Jumlah Asesor. “Jumlah Asesor di Sulteng masih sangat terbatas, sehingga kita perlu melaksanakan pelatihan ini untuk menambah Jumlah Asesor kita di Sulawesi Tengah,” katanya.MG1

Komentar

News Feed