oleh

DKP Donggala Gelar Lomba Balap Katinting

-Kab. Donggala-dibaca 593 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Donggala, baru-baru ini menggelar lomba perahu katinting.

Kepala DKP Donggala Ali Asegaf mengatakan, lomba perahu katinting itu, untuk mengenang satu tahun pascatragedi kemanusiaan bencana gempa dan tsunami serta likuifaksi pada 28 September 2018 silam.

“Lomba dilaksanakan di pesisir yang terdampak bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala di Desa Wani, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala,” kata Kepala DKP, Ahad (6/10/2019).

Dikatakannya, para peserta (Nelayan) memulai start dari Pelabuhan Wani, Desa Wani Dua, Tanantovea, kegiatan lomba itu dibagi dalam dua kategori kelas lomba yaitu kategori perahu bermesin 5,5 PK dan 9 PK.

“Beserta alat tangkapnya itu langsung tancap gas beradu cepat menjadi pemenang untuk segera mencapai garis finish di Anjungan Gonenggati Donggala,” jelasnya.

Baca Juga :   Lutfin: Kepedulian Lingkungan Perlu Ditumbuhkan di Masyarakat

Kegiatan lomba itu kata Kepala DKP, dilaksanakan untuk membangkitkan semangat, menghilangkan rasa takut atau kondisi syok dan tertekan oleh peristiwa bencana lalu yang membekas relatif lama.

“Bagi para masyarakat nelayan di pesisir Donggala untuk kembali beraktifitas melaut,” tutur Ali.

Selain itu kata dia, lomba tersebut juga dijadikan sarana promosi potensi sumber daya perikanan dan sebagai upaya pengembangan budaya pariwisata bahari untuk mengembangkan ekonomi, serta meningkatkan persatuan dan menjalin silaturahim antar masyarakat pesisir yang ada di wilayah Donggala.

Diketahui, untuk para juara 1, 2 dan 3 telah disiapkan hadiah uang tunai dan peralatan tangkap, bagi pemenang lomba perahu pada masing-masing kategori dengan total bonus Rp 38.800.000 yang diserahkan langsung oleh Bupati Kasman Lassa kepada pemenang lomba. TUR

Komentar

News Feed