oleh

Wagub Rusli:  Eksekutif dan Legislatif Harus Sejalan

-Kota Palu-dibaca 870 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Buol dan Kabupaten Banggai Kepulauan masa jabatan 2019-2024 mendapat arahan dari Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi pada orientasi anggota dewan, di salah satu hotel di Kota Palu, Rabu (2/10/2019).

Dalam arahannya, Wagub Rusli, menekankan lembaga legislatif dan eksekutif harus sejalan dalam mewujudkan pembangunan daerah yang lebih baik.

“Pemerintah daerah dan DPRD merupakan satu kesatuan dalam penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Olehnya itu, sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah, anggota DPRD kabupaten dan kota perlu diberi penguatan dalam bentuk orientasi. Sehingga, anggota dewan dapat mengetahui dan memahami tugasnya sebagai wakil rakyat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Baca Juga :   Ninik Rahayu: Kemerdekaan Pers Harus Ditopang Dua Pilar Penting

Selain itu, orientasi juga dinilai penting bagi anggota dewan terpilih pasca pemilu 2019 sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2018 tentang pedoman orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi dan kabupaten kota.

Selain orientasi, para anggota dewan perlu mendalami tugas secara periodik sepanjang masa jabatan dengan maksud meningkatkan kapasitas anggota dewan.

Dengan demikian, kata Wagub Rusli, penguatan itu diharapkan anggota DPRD memiliki pengetahuan tentang politik dan penyelenggaraan daerah serta tugas dan fungsinya.  Lebih dari itu, para wakil rakyat dapat tertanam sikap integritas tinggi dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan komitmen dalam menjunjung niat baik kesetiaan dan kejujuran.

Baca Juga :   Wawali Palu Dorong IMM Bersinergi Sukseskan Program Pemkot Palu

“Tugas anggota DPRD tidaklah mudah. Mengingat latar belakang yang berbeda, untuk itu diharapkan setiap anggota dewan terpili dapat benar-benar memiliki integritas sebagai wakil rakyat,” jelasnya. RAF

Komentar

News Feed