oleh

Banggai Brother’s Bisa Jadi Acara Tahunan

SULTENG RAYA – Event berkelas International Banggai Brother’s kembali sukses digelar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai, yang kali ini bekerjasama dengan Pemda Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Pemda Banggai Laut (Balut).

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim menjelaskan, event tersebut adalah kompetisi memancing ikan Tuna di wilayah perairan Banggai Bersaudara yang diikuti oleh ratusan pemancing dari empat Negara.

“Sebanyak 52 club pemancing yang berada di atas 52 kapal, berlomba berburu ikan Tuna selama 2 hari sejak hari Jumat (27/9/2019) hingga hari Sabtu (28/9/2019),” kata Bupati Banggai.

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim yang menutup event itu juga menyampaikan, event Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019, selain merupakan wadah untuk menyalurkan hobi, juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di tiga daerah Banggai Bersaudara.

Sementara, salah seorang pemancing asal club pancing Bahtera Sultra Mancing (BSM), Kendari, Sulawesi Tenggara, H. Sukarman memberikan testimoni di atas panggung utama. Menurutnya, laut di perairan Banggai terlihat masih jernih dan pantainya masih bersih. Hal ini tentunya berpengaruh pada keberlangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di laut, seperti ikan jenis Pelagis Cakalang yang menurutnya sudah jarang ditemukan di daerah lain.

Diketahui, event tersebut resmi dibuka pada Kamis (26/9/2019) di Plaza RTH Teluk Lalong oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng, Dr. H. Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur Sulteng dan dihadiri oleh Deputi Seni, Budaya dan Olahraga Bahari Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Kosmas Harefa.

Selanjutnya, pada Jumat (27/9/2019) sebelum berburu Tuna dan menuju ke tempat penimbangan hasil tangkapan ikan hari pertama, di Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, Kabupaten Bangkep, para peserta lomba dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Mustar Labolo di pelabuhan Desa Bonebobakal, Kecamatan Lamala, Banggai.

Pada malam harinya, para peserta yang tiba bersama rombongan Wabup H. Mustar Labolo disambut dengan acara Welcome Night oleh Plt. Bupati Bangkep, Rais Adam.

Selanjutnya, pada Sabtu (28/9/2019) para peserta kembali berburu Tuna untuk lomba hari kedua, dengan lokasi penimbangan hasil tangkapan di Desa Bonebobakal, Lamala.

Berikut hasil lomba Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019, sesuai keputusan Tim Comitte yang dibacakan oleh Direktur Lomba:

  1. Kelompok Phil Fish:
    Juara: Geo Fishing (Kendari, Sulawesi Tenggara)
  2. Kelompok Non Phil Fish:
    Juara 1 : Gudang Sakti Fishing Community (Makassar)
    Juara 2 : Kendari Fishing Adventure (Kendari)
    Juara 3 : Luwuk Anglers (Banggai)
    Juara 4 : The Tuner (Jakarta)

III. Spesies:
Yellowfin Tuna:

Tuna Jenis Lain:
– Gigi Anjing : The Tuner (Jakarta)
– Lamadang : –
– Tengiri : Tarantula (Palu)
– Que Geelong : Borneo FC (Jambi)
– Baracuda : SMG International (Timor Leste)
– Wahoo : Sensasi Fci (Jakarta)
– Kakap/Rubi Sniper : Luwuk Anglers
– Amber Jack : The Tuner (Jakarta)
– Kerapu : Kendari Fishing Adventure (Kendari)

  1. Kapten & Crue Terbaik:
    Juara : Gudang Sakti Fishing Community (Makassar)
  2. Apresiasi Khusus:
    Diberikan kepada Tim Totabuan Angler Community, asal Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulut, karena menjujung tinggi solidaritas dengan Tim lain saat berkompetisi. MAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed