oleh

Polres Poso Instruksikan Antisipasi Karhutla

SULTENG RAYA – Terkait maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi akhir akhir ini, termasuk di wilayah Sulawesi Tengah, khususnya di wilayah Kabupaten Poso, mendorong pihak kepolisian setempat  untuk melaksanakan berbagai kegiatan berupa pencegahan maupun berupaya melakukan  pemadam api jika terjadi Karhutla di wilayah Kabupaten Poso.

Instruksi penting ini disampaikan langsung Wakapolres Poso Kompol I Gede Suara kepada seluruh jajaran maupun anggota kepolisian lingkup Polres Poso untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Poso.

Upaya partisipasi dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran Karhutla ini, disampaikan  pada apel pimpinan di Mako Polres Poso, Senin (16/9/2019). Wakapolres menyampaikan seluruh personil dan Polsek jajaran harus proaktif dalam menindaklanjut laporan masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan.

Ditambahkan Wakapolres,  agar seluruh personil dan Polsek jajaran dapat mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan serta tidak membuang puntung rokok pada sembarangan tempat, dimana ini semua merupakan salah satu faktor Penyebab kebakaran.

Selain itu, kata Gede Suara, agar semua jajaran juga mengimbau kepada masyarakat agar saat melakukan aktivitas pembukaan lahan berupa kebun dan ladang, tidak harus dengan cara dibakar.

“Karena sama-sama kita ketahui saat ini, telah memasuki musim kemarau, apapun mudah terbakar dengan suasana seperti saat ini,” ujar Wakapolres.

Karena kata Gese Suara, peran kita semua pada lingkungan tempat tinggal dan wilayah bertugas untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat, untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran terutama memasuki musim kemarau  seperti saat ini.

Tak hanya itu, Kompol Gede Suara mengatakan, seluruh Polsek dan jajaran juga wajib berpatroli diwilayahnya dan harus selalu peka setiap adanya pembakaran hutan oleh oknum masyarakat. SYM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed