oleh

Pelanggaran Berlalulintas Naik Drastis, Angka Lakalantas Menurun

SULTENG RAYA – Pasca digelarnya Operasi Patuh Tinombala 2019 oleh Kepolisian Resor (Polres) Poso sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019 lalu, terdapat 954 pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua atau sepeda motor dan serta 30 pelanggaran oleh pengendara roda 4 dan roda 6.

Kapolres Poso melalui Kepala Bagian (Kabag) OPS Polres Poso, AKP Anton Muhammad, mengungkapkan jumlah pelanggaran tahun 2019 mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding tahun 2018.

“Selama 2018, terdapat 347 pelanggaran yang berhasil ditindak oleh satuan operasi Polres Poso. Jika dibanding dengan operasi patuh tahun ini, terjadi kenaikan sebesar 283 persen pelanggaran,” Ungkap Anton Muhammad yang didampingi KBO Satuan Lantas Polres Poso IPDA Risdiyanto, Kamis (12/09).

Baca Juga :   Jelang Pelantikan, ESI Poso Gelar Turnamen PUBG

Lebih jauh lagi, tingginya pelanggaran tersebut merupakan bukti dari ketegasan para petugas di lapangan. Namun di sisi lain, kata Anton, ada nilai positif dengan dilaksanakannya Operasi Patuh Tinombala 2019 tersebut, berupa menurunnya angka kecelakaan.

“Yang jelas, selama operasi, hanya terdapat satu kasus kecelakaan lalu lintas. Itupun, kecelakaan tunggal,” urai Anton.

Namun, yang memperihatinkan dari 954 pelanggaran berkendara selama pelaksanaan operasi berlangsung, ternyata masih didominasi pengendara di bawah umur. Padahal, upaya sosialisasi pihak Polres Poso terus menerus dilakukan secara massif dan intens.

“Sudah berlangsung lama, upaya sosialisasi dilaksanakan pihak Polres Poso dan bekerja sama dengan pihak lembaga sekolah” Tandas Anton.

Kedepan, untuk mengantisipasi pelanggaran berkendara bagi usia di bawah umur, menjadi tanggung jawab semua pihak. Hal ini bisa dimulai dari orang tua hingga lembaga sekolah yang bersangkutan, termasuk juga pemerintah Daerah. SYM

Baca Juga :   Komsos TNI Perkuat Persatuan Bangsa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed