oleh

Kembangkan Budidaya Lebah Madu di Desa Namo

-Kota Palu, Pendidikan-dibaca 1.723 kali

SULTENG RAYA-Tim Pengabdi dari Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako (Untad), kembangkan budidaya Lebah Madu di desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

Ketua tim pengabdi Muthmainnah, S.Hut., M.Si baru-baru ini mengatakan, pelestarian kawasan hutan dan alam harus dilakukan secara multi efek, pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan pendekatan tanpa harus merusak hutan, namun menambah nilai tambah ekonomi.

Menurutnya, kegiatan budidaya lebah madu apabila tidak dikelola secara professional tidak akan memberikan keuntungan bagi masyarakat. Padahal kata dia, salah satu wilayah di Sulawesi Tengah yang sangat potensial untuk kegiatan budidaya lebah madu adalah Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

Rekannya sesama pengabdi Abdul Hapid, S.Hut., M.Sc memaparkan  laporan hasil penelitian yangmenunjukkan masih sangat banyak kekurangan yang ditemui di lokasi budidaya lebah. Hal ini disebabkan pengetahuan peternak lebah yang masih sangat terbatas.

Baca Juga :   MONEV PROGRAM NASIONAL, BPOM di Palu Harap Masyarakat Makin Melek ‘Pangan Aman’

Menurut dia, untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat desa Namo, khususnya kelompok tani budidaya lebah madu,timpengabdi melakukan pertemuan dengan anggota kelopok tani hutan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama melakukan kegiatan budidaya lebah madu.

Ia melanjutkan, langkah yang mereka lakukan yakni penyuluhan kepada anggota mitra tentang teori yang berkaitan dengan budidaya lebah,khususnya tentang biologi lebah,peralatan budidaya lebah, analisa usaha perlebahan, hama dan penyakit lebah madu serta tanaman pakan lebah. Selain itu, tim pengabdi memberikan pelatihan tentang model cara membuat kotak lebah yang baik untuk lebah jenisApis cerana F dan pelatihan cara pemindahan koloni lebah dari alam ke kotak lebah.

Tim pengabdi juga melibatkan ketua kelompok tani Anwar dan anggota pengabdi lainnya Hamka, S.Hut., MP

Baca Juga :   HUT KE-50 KORPRI, Wali Kota Harap Anggota Korpri Palu Jadi Abdi Negara Inovatif

“hasil pengabdian kami menunjukkan bahwa jenis kayu yang baik untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kotak lebah adalah kayu kelapa dan kayu bayur.Pada umumnya kelompok tani lebah Mitra telah paham budidaya lebah secara moderen.Budidaya lebah yang dilakukan setelah kegiatan pengabdian memberikan pengaruh peningkatan pendapatan kelompok tani mitra,” Pungkasnya. */AMI

 

Komentar

News Feed