oleh

Pasha Diperintah Jadi Kandidat Gubernur Sulteng

SULTENG RAYA – Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said (Pasha), mendapat arahan DPP PAN menjadi kandidat gubernur dan bertarung di pemilihan kepala daerah serentak pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tahun 2020.

“Ya perintahnya maju, perintah DPP harus maju gubernur,” ucap Pasha, Kamis (5/9/2019), berkaitan dengan kontestasi pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah yang akan berlangsung tahun 2020.

Kumala Digifest

Pasha, selain selebriti merupakan seorang politisi PAN yang cukup diperhitungkan di kalangan politisi dalam kontestasi pilkada Sulteng.

Namun, suami dari Adelia Wilhelmina itu mengaku belum menjawab arahan dan perintah DPP PAN terkait menjadi kandidat Gubernur Sulteng.

“Saya belum menjawab, saya katakan kepada teman-teman di partai khususnya DPP, saya bilang Pak Sekjen izinkan satu tahun bencana ini terlewatkan. Artinya, kita harus hormati duka yang dialami masyarakat,” ujar dia.

Baca Juga :   Buaya Masuk Pelataran PGM

Pasha tidak ingin ada kesan di masyarakat terhadap dirinya, bahwa ia hanya sibuk mengurus pilkada. Olehnya ia menyebut terkait momentum pilkada, kata dia, nanti akan ada saatnya.

“Nanti pada saatnya kita pun tidak bisa ngomong apa-apa, karena proses dari terkait pilkada sudah berjalan,” sebut dia.

Pasha mengaku tidak tergesa-gesa menentukan pilihan untuk menjadi salah satu kandidat di pilkada Sulteng.

“Iya, Insya Allah. Karena tidak mungkin partai memberikan arahan dan perintah tanpa ada informasi dari lapangan, tidak mungkin partai omong kosong. Saya belum melakukan survei, tetapi partai-partai lain sudah melakukan survei,” sebut dia.

Meski Pasha mengaku telah berkomunikasi, namun hanya sebatas diskusi dengan dua tokoh di Sulteng yang disebut-sebut akan maju sebagai kandidat gubernur seperti Hidayat Lamakarate dan Ahmad M Ali. Bahkan, komunikasi itu sampai mengarah pada membangun koalisi di pilkada Sulteng.

Baca Juga :   Parah! DPK BPR di Sulteng Belum Cukup Satu Persen

“Ajakan untuk bersama-sama saya kira sudah sempat tercetus, namun ini belum final,” katanya.

 

DISARANKAN MULAI LOBI PARPOL

 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyarankan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said alias Pasha untuk mulai melobi partai politik jika serius maju sebagai calon gubernur Sulawesi Tengah pada Pilkada Serentak 2020.

“Saya serahkan kepada yang bersangkutan, silakan lobi-lobi ke partai politik. Itu kan paket, bisa satu paket atau gabungan partai politik,” kata Tjahjo usai ditemui Pasha ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Pasha sebelumnya membuka peluang untuk maju dalam perebutan Sulteng 1. Ia pun menyempatkan diri berkonsultasi dengan Tjahjo selaku mendagri.

Dalam pertemuan itu, kata Tjahjo, Pasha masih bimbang terkait langkah di Pilkada Serentak 2020. Ia bingung apakah akan maju kembali menjadi Wakil Wali Kota Palu, Wali Kota Palu, atau bahkan Gubernur Sulawesi Tengah.

Baca Juga :   BKKBN Dorong UPPKS Belajar Pemasaran Daring

Tjahjo mengaku tak bisa mengintervensi pilihan Pasha. Ia pun hanya mampu memberikan dukungan moral kepada vokalis band Ungu tersebut.

“Oh saya mendukung, dia menjalankan tugas selama lima tahun sebagai wakil wali kota yang cukup bagus, bisa berkoordinasi, bisa menempatkan diri bersama-sama dengan Pak Wali Kota,” ujar Tjahjo.

Terkait persiapan jelang Pilkada serentak 2020, Pasha mengaku secara pribadi masih memantapkan diri, salah satunya dengan meminta wejangan beberapa politikus senior seperti Tjahjo.

“Ya mudah-mudahan kalau ada ruang, ada jalan. Kota harus banyak duduk, diskusi, harus banyak bertanya, harus banyak sowan dengan senior. Paling tidak, kita minta petunjuk baiknya seperti apa,” ujar Pasha saat ditemui usai bertemu Mendagri. ANT/ROA/CNN

Komentar

News Feed