oleh

PNS Dibekali Pengetahuan Keamanan Informasi

SULTENG RAYA – Kemudahan komunikasi data di era digital membuka peluang kebocoran data informasi penting oleh pihak ketiga. Kebocoran data informasi dimungkinkan terjadi dari berbagai faktor.

Demi mengantisipasi kebocoran data, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah dibekali pengetahuan keamanan informasi melalui  seminar information security awareness, di salah satu hotel di Kota Palu, Rabu(4/9/2019).

Gubernur Sulawesi Tengah, LongkiDjanggola diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pengembangan Kawasan, Ikhwan, mengatakan, bekal keamanan informasi yang diberikan merupakan langkah protektif melindungi data dari upaya-upaya akses secara illegal.

“Ini penting. Sebab kebocoran data bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya  kelalaian atau kelemahan dari perangkat yang dipunyai,” katanya.

Baca Juga :   Pemprov Sulteng Support Ikan Tuna di Dapur Umum

Selain itu, keamanan informasi juga berupaya melindungi kerahasiaan data di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng. Sehingga, dapat membentengi OPD dari berbagai kebocoran informasi.

Lanjut Ikhwan, selain kerahasiaan data, setiap OPD juga dituntun bagaimana memastikan ketersediaan informasi, mewujudkan pelayanan prima dan mendorong pembangunan partisipatif.

“Harapan kedepan OPD harus tampil dengan sistem keamanan informasi yang mumpuni,” jelasnya.

Dengan begitu, Ikhwan berharap kedepan pengetahuan ini dapat dilaksanakan demi mengamankan data informasi di setiap OPD.

“Pengetahuan PNS dalam mengamankan data informasi di masing-masing OPD semakin meningkat,” harapnya. RAF

Komentar

News Feed