oleh

BKKBN Siap Rebranding Logo, Tagline Hingga Lagu Mars KB

SULTENG RAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) siap rebranding atau melakukan brending ulang logo, tagline, program hingga lagu mars Keluarga Berencana (KB) yang selama ini telah digaungkan.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, mengatakan, rebranding tersebut sebagai upaya pihaknya memperkenalkan lebih luas program BKKBN kepada para kaum milenial.

“Program BKKBN sudah saatnya agak milenial agar mengena anak muda. Populasi anak muda usia di bawah 30 tahun sangat besar, sekitar 70 juta jiwa di Indonesia,” ungkap Hasto saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Kehumasan dan Sosialisasi Hukum, Organisasi dan Humas di Hotel Horison Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Mantan Bupati Kulon Progo ini, mengatakan, pihaknya menargetkan rebranding program BKKBN dirilis pada Desember 2019.

“Lagu mars KB itu tidak dikenal kaum milenial.Jadi akan dikemas kembali, sehingga familiar dengan milenial. Selain itu, sumber daya manusia BKKBN juga harus ditingkatkan. Kultur kerja dan mindset diperbaiki, sehingga memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Hasto Wardoyo.

Sayangnya, ia tidak merinci perubahan terhadap logo, tagline hingga lagu mars KB.

 

MAKNA LOGO

Semua sudah pasti tahu bentuk dan warna logo BKKBN saat ini. Logo yang didominasi warna biru itu, menunjukkan sebuah keluarga terdiri dari bapak, ibu dan dua orang anak. Pda logo tersebut, terlihat keluarga kecil sejahtera menyambut fajar baru (lingkaran biru sebelah atas), dimaknai masa depan cerah, kabadian, kelanjutan dan kesinambungan. Warna biru melambangkan pelayanan KB nyaman, sejuk, modern dan abadi.

Logo itu pertama kali diluncurkan sekitar 11 tahun silam, tepatnya pada 10 Desember 2007. Kala itu, BKKBN ‘soft-launching’ tentang logo Lingkaran Biru (LiBi) di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat.

 

TAGLINE BKKBN

Mengenai tagline BKKBN, semua juga pasti tahu, yakni ‘dua anak cukup’. Tagline tersebut sebenarnya tagline lama BKKBN. Namun, tagline itu sempat berganti menjadi ‘dua anak lebih baik’ hingga akhirnya dikembalikan lagi pada 2013 lalu. Penggantian tagline dari menjadi ‘dua anak lebih baik’ menjadi ‘dua anak cukup’ sempat ramai dibahas berbagai pihak, khususnya makna pesan yang disampaikan.

Setelah enam tahun digunakan kembali, tagline ‘dua anak cukup’ siap diganti dengan tagline yang baru. Namun, pihak BKKBN belum memberi bocoran tagline yang akan diwacanakan sasar para milenial.

 

LAGU MARS KB

Seperti halnya logo dan tagline, lagu mars KB pasti sudah tidak asing ditelinga anda. Lagu mars KB merupakan lagu wajib kedua setelah ‘Indonesia Raya’ setiap pembukaan maupun penutupan suatu acara atau kegiatan di lingkungan BKKBN hingga ke tingkan penyuluh KB di tingkat kecamatan. Mars KB sudah digaungkan sejak 49 tahun lalu atau sejak 1970.

Dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu_KB, Lagu KB atau dikenal juga dengan Mars KB diciptakan oleh Mochtar Embut untuk mensukseskan gerakan KB dimulai pada 1970-an.

Kala itu, Pemerintah Indonesia meminta Mochtar Embut, seorang komposer untuk menciptakan lagu yang mudah dikenal dan dihafalkan masyarakat serta enak disenandungkan. Bahkan, setelah selesai lagu inipun dijadikan lagu wajib anak-anak sekolah mulai SD. Semenjak Orde Baru runtuh, lagu ini tidak lagi banyak dinyanyikan. Namun, lagu ini masih sering dinyanyikan khususnya dalam acara BKKBN.

 

Beriktu kutipan Mars KB:

Keluarga berencana sudah waktunya

Janganlah diragukan lagi

Keluarga berencana besar maknanya

Untuk hari depan nan jaya

Putra-putri yang sehat cerdas dan kuat

‘kan menjadi harapan Bangsa

Ayah ibu bahagia, Rukun raharja

Rumah tangga tentram sentosa. HGA

 

Komentar

News Feed