oleh

Satpol PP Bangkep Kembangkan Inovasi ‘PUTRI SINTA PENEGAK PERDA’

SULTENG RAYA – Penegakan Peraturan Daerah (Perda) merupakan tugas dan tanggung jawab Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada sebuah daerah otonom. Seringkali dalam proses penegakkan Perda di masyarakat, Satpol PP yang bertugas terkadang lepas kontrol. Hal inilah yang mengilhami, Joko Prihantoro, selaku Kasat Pol PP Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) sebagai peserta Diklat PKN Tingkat II Angkatan IX di Makassar menciptakan pelayanan kepada masyarakat yang bersifat tegas dengan cara humanis, Persuasif dan Kekeluargaan atau disebut dengan ” PUTRI SINTA PENEGAK PERDA”.

Inovasi dari proyek perubahan ini, bertujuan memberikan cara kerja baru dilingkup Satpol PP Kabupaten Banggai Kepulauan dalam pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dapat mengurangi Pelanggaran Perda di Kabupaten Banggai Kepulauan melalui pengawasan dan pembinaan Satpol PP wanita.

Dalam pembentukan PUTRI SINTA PENEGAK PERDA ini, Kasat Pol PP melakukan Bancmarking yang di laksanakan tanggal 25 Juli 2019 di Kabupaten Banggai Laut, dengan tujuan agar Satpol PP Wanita Kabupaten Banggai Kepulauan Bisa saling bertukar pikiran dalam penanganan Penegakan Perda kepada Masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari Bancmarking, Satpol PP Wanita melakukan patroli rutin dan penertiban peredaran minuman keras di wilayah kabupaten Banggai Kepulauan serta melakukan launching pembentukan PUTRI SINTA PENEGAK PERDA. Kegiatan ini juga  dirangkaikan dengan pelayanan TNI Manunggal KB Kesehatan di Desa Gansal, Kecamatan Tinangkung Selatan, tanggal 8 Agustus 2019 lalu.

Joko Prihantoro berharap proyek perubahan yang ia gagas ini, dapat memberikan manfaat dalam penanganan penegakan Perda di masyarakat.

“Saya juga berharap dalam mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, konflik Satpol  PP Wanita dan para Pelanggar Perda dapat teratasi dengan baik,” ujarnya. MAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed