oleh

DP3A Usul Huntara Dilengkapi Fasilitas Penitipan Anak

SULTENG RAYA – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulawesi Tengah mengusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk menyediakan fasilitas penitipan anak di seluruh hunian sementara (Huntara).

Kepala Dinas DP3A Sulteng, Ihsan Basir, mengatakan, fasiltas penitipan anak itu diprioritaskan bagi para ibu yang ingin bekerja, namun tidak punya tempat menjaga anak-anaknya.

“Saya sudah mengusulkan ke BNPB secara langsung saat datang mengunjungi Kota Palu. Secara tertulis, kami belum lakukan,” katanya saat ditemui media ini, Senin (26/8/2019).

Dalam usulan itu, belum ada perencanaan secara rinci terkait penggunaan fasilitas penitipan anak tersebut. Akan tetapi, Ihsan menilai fasilitas itu penting disediakan di beberapa titik huntara.

“Belum ada perencanaan secara jelas, tapi setidaknya kami sampaikan bahwa fasilitas penitipan anak bagi ibu-ibu yang tinggal di huntara penting diadakan,” ujarnya.

Menurutnya, pasca bencana banyak perempuan kehilangan suami. Bahkan, ada pula yang sebelumnya sudah memiliki pekerjaan. Namun karena tuntutan ekonomi, memaksa mereka untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup pascabencana .

“Misalnya, bagaimana bekerja, sementara tidak ada anak yang jaga. Dua hal itu membuat para ibu-ibu dilema, ” jelasnya.

Jika pemerintah daerah mau mengadakan  fasilitas itu, kata Ishan, pihaknya akan melibatkan lembaga keperempuanan dan anak untuk menjaga anak-anak. Bahkan, pihaknya bersedia menyiapkan fasilitas bermain bagi anak.

“Beberapa relawan kemanusiaan dilibatkan menjaga anak-anak selama ibunya bekerja,” jelasnya. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed