oleh

225 WP Telah Terima Sosialisasi Kepatuhan Pajak

SULTENG RAYA – Pilot Project sosialisasi kepatuhan pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu telah berlangsung selama lebih dari dua pekan.

Tercatat, sebanyak 225 Wajib Pajak (WP) mendapatkan sosialisasi tersebar di tiga Kelurahan, yakni Kelurahan Lolu Utara, Lolu Selatan dan Tatura Utara.

Program tersebut akan terus berlangsung hingga seluruh kelurahan di Kota Palu mendapat kesempatan sosialisasi.

KPP Pratama Palu menetapkan lima kriteria yang akan didatangi petugas sosialisasi, yakni WP tidak patuh lapor, WP tidak patuh bayar, WP mendapt surat teguran, WP punya imbauan, WP punya data ketidakpatuhan lainnya.

“Berdasarkan rekapitulasi dari tim sosialisasi, progresnya sudah ada 225 Wp yang mendapatkan sosialisasi,” tutur Kepala KPP Pratama Palu melalui Account Representative Pengawasan dan Konsultasi I, Ngurah Budiarta Wicaksono, Selasa (16/7/2019).

Baca Juga :   BPOM di Palu Kumpulkan Rp30 Juta Bantu Sulbar

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I KPP Pratama Palu, Ari Tri Leksono beberapa waktu lalu mengatakan rangkaian kegiatan pilot project itu sudah memiliki izin dari Pemerintah Kota (Pemkot), sehingga masyarakat diminta menerima ketika petugas KPP Pratama Palu mendatagi WP.

“Petugas kami dilangkapi dengan surat tugas, seragam, dan dokumen dari kami lengkap, nantinya tim ada 20 sampai 30 orang, satu tim dua orang. Kegiatan ini juga, sudah memiliki izin dari Pemkot melalui Sekretaris Kota, surat dari Kecamatan hingga lurah setempat,” ujarnya.

Selain melakukan sosialisasi door to door terhadap WP, pihaknya juga membuka posko pojok pajak di kantor kelurahan yang melayani pendaftarsn NPWP, konsultasi pajak serta pembuatan kode billing untuk bayar pajak.

Baca Juga :   IZI Sulteng Data 776 Jiwa Mengungsi di Desa Mekkatta Sulbar

“Jadi dalam pelaksanaannya, jika ada yang ingin bertanya atau ada kurang jelas dari petugas, bisa langsung datang ke pojok pajak itu. Disana juga nanti kami membuka pelayanan pembuatan NPWP,” katanya.

Dirinya berharap, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi, para WP menjadi lebih patuh terhadap pajak. Pajak, kata dia, sesungguhnya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur, bantuan sosial, hingga pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). RHT

Komentar

News Feed