oleh

Disdikbud Bangkep Sosialisasi UU Cagar Budaya

SULTENG RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menggelar sosialisasi UU No. 11 tahun 2018 tentang cagar budaya di gedung Balai Pertemuan Umum Kecamatan Tinangkung Salakan, Selasa (2/7/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Banggai Kepulauan H Rais D Adam, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Drs Rahman Ansyari serta sejumlah kepala Orgnisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Bangkep.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Bangkep Rais Adam mengatakan bahwa cagar budaya adalah warisan  yang bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya. Menurutnya, situs cagar budaya dan kawasan cagar budaya di darat dan di air perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama. Karena kebudayaan, kata dia melalui proses penetapan.

“Cagar budaya perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat untuk menjaga identitas Bangsa Indonesia,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengimbau kepada instansi terkait agar mendata seluruh cagar budaya yang ada di Banggai Kepulauan dan selanjutnya harus dipelihara dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai Kepulauan, Mudin Sahata mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi cagar budaya ini, akan terjalin kerja sama dengan masyarakat sehingga mereka mengenal budaya-budaya yang ada di Bangkep. Sehingga nilai-nilai budaya hidup dan berkembang di masyarakat serta dihormati oleh bangsa lain.

“Nantinya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bangkep ini selalu menjunjung tinggi kearifan lokal,” ujar kadis Mudin Sahata. MAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed