oleh

Rusman: KUA Garda Terdepan Pelayanan Publik Kemenag

SULTENG RAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, H Rusman Langke menyebut Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan garda terdepan Kemenag dalam pelayanan publik.

Untuk itu ia berharap, KUA se-Sulteng terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, ada tiga indikator utama untuk mengetahui kualitas pelayanan KUA, yakni indeks kepuasan masyarakat, standar pelayanan publik dan inovasi KUA dalam pelayanan. Ketiga indikator tersebut juga mejadi peilaian KUA teladan.

Lantas bagaimana untuk mewujudkan hal itu? Rusman menyarankan kepada seluruh KUA se-Sulteng untuk menerapkan lima budaya kerja Kemenag RI, yakni integritas, profesional, tanggung jawab, inovatif dan keteladanan.

“KUA mejadi garda terdepan Kemenag dalam pelayanan publik. Untuk itu, saya berharap KUA se-Sulteng untuk tetap konsisten dalam menerapkan budaya kerja Kemenag, yakni integritas, profesional, tanggung jawab, inovatif dan keteladanan,” kata Kakanwil H Rusman Langke didampingi Kabid Bimas Islam H Muhammad Ramli, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H Ma’sum Rumi, Kasi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA, Kasi Bimas Islam Kota Palu dan Tim Penilai KUA Teladan Tingkat Sulteng saat melakukan penilaian KUA Teladan di KUA Palu Selatan, Rabu (12/6/2019).

Baca Juga :   Pemkot Palu Tampung Saran Lewat Konsultasi Publik

Ia mengatakan, penilaian KUA teladan merupakan program rutin dan penting dilakukan untuk meningkatkan performa dan kemampuan KUA dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Sekaligus mengukur dan mengontrol kinerja KUA.

“Lomba ini (KUA teladan) dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten dan kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional. Ada tiga aspek yang akan dinilai, yaitu indeks kepuasan masyarakat,  standar pelayanan publik dan inovasi,” tuturnya. HGA

 

Komentar

News Feed