oleh

Polres Poso Ajak Masyarakat Rajut Kembali Kebersamaan

SULTENG RAYA – Pascapemilu serentak pada 17 April 2019, Polres Poso bersama Satgas Nusantara menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD) di salah satu Hotel di Poso, Kamis (2/5/2019).

FGD itu mengambil tema Merajut Ukhuwa Islamiah dalam Bingkai Silaturahmi Pascapesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019.

Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto melalui Kabag Ren, AKP Mulyadi mengatakan, kegiatan tersebut digelar guna menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang sudah dari dulu tertanam.

“Pascapemilu ini kita gelar FGD dalam rangka merawat serta memperkuat persatuan dan kesatuan yang sudah kita bangun selama ini,” katanya.

Selain itu, kata dia, dialog ini juga sebagai ajang menghadapi bulan suci Ramadan. “Pascapesta demokrasi sekaligus menyambut bulan suci ramadan, ini adalah momentum bagi kita semua untuk bisa menyikapi dari pada situasi yang berkembang saat ini,” ucapnya.

Baca Juga :   Sidang Sengketa Pilkada Poso Gagal Dimediasi

Menurutnya, meski berbeda suku, bahasa, ras dan agama tetapi tetap satu tujuan, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang harus dijaga dan dipelihara bersama.

“Keaneka ragaman tersebut terjaga dalam Bhinneka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda tetapi tetap satu, karena keberagaman itu harus kita syukuri bersama,” jelasnya.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Poso, Arifin Tuamaka mengatakan, momen yang paling tepat adalah merajut Ukhuwa Islamiah dalam bingkai silaturahim pascademokrasi pileg dan pilpres 2019 ini.

Dikatakannya, dalam menjalankan Ukhuwa Islamiah, maka kita harus bersama-sama mengajak ke jalan tuhan yang Maha Esa dengan hikmah, berdakwah pada kebenaran, mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan serta istiqomah.

Baca Juga :   Bawaslu Mediasi Sengketa Pilkada Poso

“Dengan menjalankan tugas-tugas tersebut maka Insya Allah bencana yang akan menimpa negeri ini akan dijauhkan oleh tuhan sang pencipta,” tuturnya.

FGD tersebut menghadirkan tiga narasumber masing-masing, perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Poso, Wawa Suriyatna, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Poso, KH. Arifin Tuamaka, Ketua Yayasan Amanatul Ummah Poso, KH. Adnan Arsal dan Kaplores Poso yang diwakili oleh Kabag Perencanaan AKP Mulyadi. Kegiatan tersebut turut juga dihadiri sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) seperti, Organda, Pengurus PBNU Poso, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Poso, para alim dan tokoh masyarakat. SYM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed