oleh

Hore, Ngurus Paspor Bisa di Luwuk

-Daerah, Kab. Banggai-dibaca 611 kali

Palu (antarasulteng) – Kepala Imigrasi Palu, Sulawesi Tengah, Tamtawi Jauhari mengatakan, kemungkinan besar pada 2015, sebagian pengurusan paspor tidak lagi dilakukan Palu, tetapi di Luwuk, Kabupaten Banggai, karena di sana sudah ada kantor imigrasi.
“Termasuk paspor untuk jamaah calon haji (JCH),” katanya di Palu, Kamis.
Ia mengatakan, sekarang sudah ada Kantor Imigrasi di Kabupaten Banggai. Namun untuk pembuatan paspor masih ditangani Imigrasi Palu.
Tetapi mulai 2015 nanti, Kantor Imigrasi Banggai yang berpusat di Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai sudah bisa menerbitkan sendiri dokumen keimigrasian (paspor).
Jadi, warga yang berdomisili tetap di kabupaten lainnya yang berdekatan dengan Banggai seperti Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Tojo Una-Una kemungkinan besar mengurus paspor tidak lagi ke Palu, tetapi langsung ke Kantor Imigrasi Cabang Luwuk.
Menurut dia, kehadiran Kantor Imigrasi di Kabupaten Banggai sekaligus untuk lebih memudahkan pengurusan berbagai dokumen keimigrasian yang diperlukan masyarakat.
Selama ini, katanya, masyarakat yang hendak membuat paspor harus ke Kota Palu dengan jarak yang cukup jauh dan biaya tinggi.
Selain memperpendek jarak, kehadiran Kantor Imigrasi di kabupaten sekaligus diharapkan tingkat pengawasan terhadap masuk-keluarnya orang asing semakin bagus.
Bayangkan saja selama ini petugas Imigrasi yang ada di Palu harus keliling kabupaten dan kota untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing.
Selain karena keterbatasan tenaga, juga tentu membutuhkan anggaran pengawasan yang cukup besar.
Atas berbagai pertimbangan, maka pemerintah membuka kantor imigrasi di kabupaten itu.

Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © 2014

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Luwuk Pantau Vaksinasi Massal

Komentar

News Feed