oleh

Bawaslu Segera Rekrut Pengawas TPS

SULTENG RAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia akan melaksanakan rekrutmen pengawas TPS yang akan dilaksanakan secara serentak medio Februari 2019. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Bawaslu Sulteng, Zatriawati kepada sejumlah wartawan di Kota Palu, Selasa (29/1/2019).

“Kami sudah melakukan sosialisasi rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) kepada Bawaslu Kabupaten/Kota, dimana tahapan pengumuman itu akan kami lakukan selama tujuh hari pada tanggal 4-10 Februari 2019. Kenapa kami lebih dahulu harus melakukan rekrutmen, karena Pengawas TPS tentunya harus terbentuk lebih dahulu dari saksi parpol yang juga akan kami tes,”ujar Zatriawati.

Lebih lanjut, Zatriawati menjelaskan bahwa dalam rekruitmen tersebut berdasarkan undang-undang syaratnya sama dengan memilih komisioner Bawaslu kabupaten/kota atau Bawaslu Provinsi.

Baca Juga :   Hidayat – Bartho Janjikan BPJS Gratis untuk Keluarga Miskin

“Dimana syaratnya minimal berusia 25 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Nantinya, dalam proses seleksi ini, kami juga akan meminta tanggapan masyarakat,”ujar Zatriawati.

Untuk pendaftaran dan wawancara Pengawas TPS akan dilaksnakan tanggal 11- 21 Februari dan akan diumumkan pada tanggal 22 Februari 2019.

“Jika koutanya tidak terpenuhi, maka akan diperpanjang lagi masa perekrutannya,”jelasnya.

Mantan Komisioner KPU Kota Palu ini menjelaskan, tugas pengawas TPS yaitu melakukan pengawasan persiapan penyaluran logistik, distribusi dan pengembaliannya serta pengawasan terhadap proses pemungutan suara.

“Untuk jumlah pengawas TPS, sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Sulteng dan akan bertugas selama satu bulan,”ujar Zatriawati. WAN

Komentar

News Feed