oleh

Asian Games Resmi Dimulai

-Hiburan-dibaca 277 kali

SULTENG POST – Edisi ke-17 Asian Games secara resmi dibuka oleh Presiden Korea, Park Geun-hye, Jumat (19/9/2014) malam. Sebanyak 45 negara berkompetisi menjadi yang terbaik di Asia.

Bertempat di Incheon Asiad Main Stadium, upacara pembukaan dimulai pukul 18.00 waktu setempat, dan berlangsung selama tiga jam. Kemasan acara mungkin tidak terbilang sangat glamor atau spektakuler, namun tetap menyiratkan pesan-pesan ‘One Asia’.

“Diversity Shines Here“. Keberagaman bersinar di sini. Demikian motto Asian Games tahun ini. Maka ditampilkanlah drama dan tarian sejarah Asia dan juga Korea, dengan pertunjukan teknologi laser dan kembang api, dengan ribuan orang penampil.

Empat tema besar yang ditampilkan adalah “Asia long time ago”, “Asia meeting through the sea”, “Asia as family and friends”, serta “Asia as one and future joining with today”.

Dalam sesi parade kontestan, Nepal menjadi negara pertama yang masuk ke arena. Kemudian negara-negara lain menyusul, berdasarkan urutan abjad alfabet Korea.

Sekitar 9.500 atlet dari 45 negara akan berkompetisi di Incheon, memperebutkan total 439 medali dari 36 cabang olahraga. Tiongkok tetap menjadi kontingen terbesar dengan 894 atlet. Brunei Darussalam adalah tim terkecil dengan 11 atlet.

Indonesia, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games berikutnya (2018), membawa 186 atlet. Bertindak sebagai pembaca bendera adalah perenang I Gede Siman Sudartawa.

Acara puncak adalah penyalaan kaldron, yang dilakukan oleh aktris Lee Young-Ae, didampingi dua anak kecil. Sebelumnya, obor dibawa ke dalam stadion oleh sejumlah atlet legendaris Korea.

Sebagai penutup adalah penampilan penyanyi sensasional, Psy, yang memimpin massa di dalam stadion dengan Gangnam Style-nya yang telah mendunia. “Welcome to One Asia,” ucapnya.

Asian Games 2014 akan berlangsung hingga 4 Oktober. DTC

Komentar

News Feed