oleh

Wabup Parmout, Baca Sambutan Mendes PDTT di Hari Transmigrasi

SR Ads

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), Badrun Nggai membacakan sambutan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), di peringatan Hari Bakti Transmigrasi ke-68 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), di Dusun Moian, Desa Palapi, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parmout, Rabu (12/12/2018).

Badrun Nggai mengatakan, tanggal 12 Desember adalah hari yang bersejarah bagi transmigrasi di Indonesia. Dimana momentum hari bakti ini ditentukan sejak tanggal 12 Desember 1950, ketika sejumlah 77 transmigran diberangkatkan dari Jawa pada tahun 1905. Menuju Gedong Tataan, Lampung yang kemudian berhasil membentuk desa-desa dengan nomenklatur Jawa yaitu, Desa Bagelen, Gading Rejo  Purworejo dan Wonodadi.

Baca Juga :   Fahriyanto: Masyarakat Harus Kawal Proses Pembentukan DOB di Parmout  

“Hari ini sudah 68 tahun proses penyelenggaraan program transmigrasi, mewarnai kehidupan bangsa Indonesia,” kata Badrun Nggai membacakan sambutan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Lanjutnya, program konolisasi dipandang relatif berhasil, olehnya pemerintah pascakemerdekaan meneruskan program tersebut, namun karena istilah kolonisasi berciri pejoratif atau merendahkan, maka istilah tersebut kata dia, kemudian diganti dengan istilah transmigrasi. “Hari ini (kemarin), sudah 68 tahun proses penyelenggaraan program transmigrasi mewarnai kehidupan bangsa Indonesia, ada suka dan duka, ada sisi positif dan adapula sisi negatifnya,” jelasnya.

Terlepas dari semua itu, transmigrasi kata dia, telah berhasil membangun 3.608 satuan permukiman transmigrasi yang berada di kawasan transmigrasi. Kontribusi transmigrasi dalam pertumbuhan ekonomi di indonesia yaitu, dengan mewujudkan kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. “Kepada seluruh transmigran dari daerah asal, saya ucapkan selamat datang di Sulawsi Tengah dan kususnya yang ditempatkan di UPT Moian,” ujarnya.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

Badrun Nggai juga berpesan, kepada seluruh transmigran agar bersungguh-sungguh untuk bekerja keras, menuju sejahtera. “Jadilah transmigran yang bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk menuju sejahtera, karena anda sudah menjadi bagian masyarakat di daerah ini,” tuturnya.OPI

Komentar

News Feed