oleh

Bawaslu RI Serahkan Bantuan Rp1,2 Miliar untuk Sulteng

SULTENG RAYA – Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) menyerahkan bantuan sebesar Rp1,2 Miliar untuk korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang menimpa Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018 yang lalu.

Bantuan Rp1,2 Miliar tersebut diserahkan kepada dua instansi yakni Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp325 juta serta Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp875 juta.

Bantuan Bawaslu RI ini diserahkan langsung oleh Komisioner Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo kepada Staf Ahli Bidang Ekonomi,Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Ardiansyah Lamasitudju serta Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen, Senin (29/10/2018).

Komisioner Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan bahwa bantuan tersebut  berasal dari Bawaslu seluruh Indonesia sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan yang sering dilakukan oleh Bawaslu RI. Menurut Ratna Dewi Pettalolo, bantuan ini merupakan tahap kedua yang dilakukan oleh Bawaslu RI. Pada tahap pertama, Bawaslu RI telah menyerahkan bantuan logistik sebanyak empat truk pada hari kedua pasca gempa di Sulteng.

Baca Juga :   Hidayat – Bartho Janjikan BPJS Gratis untuk Keluarga Miskin

“Saat ini, karena kami melihat bantuan logistik dari luar sudah banyak, makanya kami berpikir untuk menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai. Ini untuk membantu bagi mereka yang rumahnya hilang, rusak berat ataupun mereka yang mengalami luka berat saat terjadi bencana alam,”ujar Ratna Dewi Pettalolo.

Menurut mantan Ketua Bawaslu Sulteng ini, bantuan yang diserahkan tersebut, pengelolaanya dipercayakan penuh kepada Pemda Sulteng maupun Bawaslu Sulteng.

“Bantuan yang diberikan kepada Bawaslu Sulteng akan dikontrol langsung oleh Ketua Bawaslu Sulteng untuk diserahkan kepada penyelenggara dan keluarganya,”ujar Ratna Dewi Pettalolo.

Ratna pun berharap, bantuan Bawaslu tersebut dapat membantu meringankan beban sekaligus mampu memulihkan kondisi perekonomian penyelenggara sehingga bisa melakukan kerja-kerja pengawasan dengan nyaman.

Baca Juga :   Hidayat – Bartho Janjikan BPJS Gratis untuk Keluarga Miskin

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen mengatakan bahwa bantuan dari Bawaslu RI akan disalurkan kepada penyelenggara atau keluarga penyelenggara yang dinyatakan meninggal dunia atau hilang, tempat tinggal rusak berat atau rusak ringan serta penyelenggara yang mengalami luka berat.

“Untuk bantuan ini, akan disalurkan berdasarkan data yang ada dan secara teknis memperhatikan arahan dari Bawaslu RI. Bantuan juga akan disalurkan kepada pihak-pihak yang pernah berkontribusi sebagai penyelenggara pemilu dalam hal ini pengawasan Pemilu pada periode-periode sebelumnya,”ujar Ruslan Husen. WAN

 

Komentar

News Feed