oleh

KPU Sulteng Segera Lakukan Pendataan DCT dan DPT

SULTENG RAYA – Musibah gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang melanda Kota Palu, Donggala dan Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah yang terjadi pada Jumat, 28 September 2018 yang lalu menelan ribuan korban jiwa. Olehnya, sebagai penyelenggara pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, segera melakukan pendataan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah ini, jika situasi sudah memungkinkan. Selain melakukan Pendataan Untuk DPT, KPU Sulteng juga akan melakukan pendataan terhadap Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Sulteng serta DCT anggota DPD RI pada pemilu tahun 2019 mendatang.

“DPT dan DCT kemungkinan akan ada pengaruh dengan bencana ini. Kami akan melakukan pendataan kembali, jika situasi sudah memungkinkan, ” ujar Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming saat dihubungi Sulteng Raya, Kamis (11/10/2018).

Menurut Tanwir, sejauh ini, memang belum ada laporan dari partai politik soal caleg yang meninggal dunia akibat bencana alam yang melanda di Sulteng.

“Sejauh ini belum ada laporan, kalaupun ada korban dalam DCT, itu akan dibicarakan khusus. Apakah ada perlakuan khusus atau tidak, karena tahapan itu sendiri sudah selesai,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata Tanwir, pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan KPU Kota Palu, Donggala dan Sigi sebagai langkah awal kinerja KPU pasca bencana alam di daerah ini.

Konsolidasi tersebut untuk mengetahui nasib penyelenggara yang terdapat di tiga daerah tersebut.
“Kami harus tahu, berapa penyelenggara di tingkat PPK dan PPS yang masih tersisa, “ujarnya.

Sementara itu, terkait tahapan pemilu, Tanwir menjelaskan bahwa semua tahapan tetap berjalan, meskipun nantinya kemungkinan ada jadwal yang tergeser.

“Kami tetap menunggu instruksi dari KPU RI, ” kata Tanwir.

WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed