oleh

Bawaslu Poso Awasi Pelanggaran Pemilu Secara Online

SULTENG RAYA – Guna memaksimalkan berbagai pekerjaan dalam tugas-tugasnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Poso menggelar rapat koordinasi tata cara penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu, dengan menghadirkan sejumlah petugas Panwaslu perwakilan dari 19 wilayah kecamatan se-Kabupaten Poso, di salah satu hotel di kota Poso.

Ketua Bawaslu Poso, Abdul Malik Shaleh menyatakan, salah satu tujuan diselenggarakannnya rapat koordinasi itu adalah untuk memberikan penguatan kapasitas kepada Panwaslu kecamatan, termasuk adanya bimbingan teknis tentang cara memproses temuan dan laporan pelanggaran pemilu yang terjadi di wilayah tugasnya masing-masing, melalui sebuah aplikasi online.

“Jadi nantinya akan ada laporan cepat, melalui sebuah aplikasi yang disediakan untuk menginformasikan segala bentuk kejadian yang terindikasi adanya pelanggaran pemilu. Aplikasi ini sifatnya online, sehingga data yang terkirim langsung bisa segera kita dianalisa,” ucap Abdul Malik Saleh, Rabu (26/9/2018) kemarin.

Baca Juga :   Kesbangpol Poso Rakor Desk Pilkada

Abdul Malik Saleh menambahkan, keberadaan aplikasi tersebut saat ini telah ada di setiap 19 kantor Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Poso. Hanya saja kata dia, memang ada beberapa wilayah kecamatan di Lore Bersuadara dan lembah Badah, untuk jaringan internetnya memang masih terbilang belum stabil.

“Untuk kelancaran laporan, bagi yang masih terkendala jaringan internet, mereka bisa mendatangi kantor Pawaslu Kecamatan lainnya yang terdekat, agar informasinya bisa segera masuk,” tutur Abdul Malik Shaleh, seraya menambahkan pemberlakukan aplikasi tersebut sudah mulai diuji coba sejak awal digelar rapat koordinasi tersebut pada tanggal 24 September 2018 lalu.SYM

Komentar

News Feed