oleh

Anggota MPR RI Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Mamboro

SULTENG RAYA – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Supratman Andi Agtas kembali menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Selasa (18/9/2018) pekan lalu.

Pada kesempatan itu, Supratman Andi Agtas menyebutkan empat pilar kebangsaan yang dimaksud adalah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Empat pilar kebangsaan tersebut, ujar politisi Partai Gerindra ini telah menjaga keutuhan Indonesia. Empat pilar kebangsaan, kata dia merupakan hadiah termahal para pendiri bangsa untuk masyarakat Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, beragam suku, agama, serta adat istiadat yang berbeda.

Supratman juga mengatakan, empat pilar kebangsaan harus dimaknai sebagai alat untuk membangun sebuah bangsa ditengah keadaan negara yang sedang digoyang dengan berbagai persoalan, termasuk persoalan ekonomi. Olehnya, dalam sosialisasi tersebut, dirinya menekankan agar bangsa Indonesia kembali menerapkan ekonomi kerakyatan sebagaimana diatur dalam pasal 33 UUD tahun 1945.   Dia menyebutkan, secara umum terdapat beberapa pilar dasar ekonomi kerakyatan yakni adanya peran vital negara, efisiensi ekonomi berdasarkan atas keadilan, partisipasi dan keberlanjutan, serta pemerataan penguasaan faktor produksi.

Narasumber lain dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Rektor III Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Ahmadan B Lamuri serta Anggota DPRD Kota Palu, Anwar Lanasi.

Ahmadan B Lamuri menjelaskan bahwa menjadi warga negara Indonesia adalah Takdir dari Tuhan yang maha esa. Di negeri ini sangat banyak perbedaan yang ditemui mulai dari suku, agama, ras dan budaya. Olehnya, kata dia, perbedaan harus dimaknai sebagai sebuah rahmat yang diberikan tuhan oleh rakyat Indonesia. Salah satu cara untuk menyatukan seluruh perbedaan tersebut dengan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Palu, Anwar Lanasi menjelaskan bahwa sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan anggota MPR RI tersebut untuk mengingatkan kembali visi kebangsaan kita. Dia mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan merupakan dasar utama bagi bangsa Indonesia dalam bernegara dan berbangsa yang harus disosialisasikan. Tujuannya agar tiap generasi mempertahankan nilai luhur bangsa Indonesia tersebut.

Acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut, diikuti dan dihadiri puluhan warga yang berasal dari Kelurahan Mamboro dan Kelurahan Mamboro Barat. WAN

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed