oleh

10.243 Maba Untad Mengikuti PKKMB

SULTENG RAYA – Sebanyak 10.243 Mahasiswa Baru Universitas Tadulako (Untad) tahun akademik 2018 – 2019 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari, terhitung dari tanggal enam hingga sepuluh Agustus 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Panitian PKKMB Untad tahun 2018, Dr Intam Kurnia M.Si, saat ditemui Sulteng Raya diruang kerjanya, Senin (6/8/2018).

Intam memaparkan, pelaksanaan PKKMB tahun ini terdiri sepuluh gugus yang akan ditempatkan di masing-masing fakultas. Pembagian gugus, kata dia, berdasarkan ekor nomor stambuk mahasiswa baru tersebut. Jika ekor nomor stambuknya satu maka dia adalah peserta gugus satu, jika ekor stambuknya dua maka dia gugus 2 begitu seterusnya.

Baca Juga :   Januari, Tingkat Transaksi Pasar Modal di Sulteng Capai Rp910 Miliar

PKKMB Untad tahun ini, kata dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu tidak dilaksanakan pembukaan secara seremonial di tingkat universitas, pembukaan dilaksanakan oleh masing-masing gugus. Jadi sepuluh gugus melaksanakan pembukaannya masing-masing di setiap fakultas di Untad.

Selain itu, kata dia, tidak ada yang namanya perpeloncoan pada PKKMB tahun ini. Sebab, pihaknya telah membangun kerjasama dengan Komisi Disiplin (Komdis) Untad untuk mengawal jalannya PKKMB tingkat Universitas selama lima hari kedepan. Sehingga, masing-masing gugus ada anggota Komdis Untad yang ditugaskan untuk memantau jalannya PKKMB tersebut.

“Kita menginginkan PKKMB yang memanusiakan manusia. Olehnya, PKKMB tahun ini mahasiswa sudah tidak lagi menggunakan segala aksesoris yang dibuat-buat seperti menggunakan kantong pelastik sebagai tas mereka, kaos kaki bola, dan sebagainya. Bahkan, PKKMB tahun ini mahasiswa baru tidak lagi duduk melantai, tetapi duduk menggunakan kursi,”jelasnya.

Baca Juga :   Kepsek Watusampu Optimis Ikut PSP

Selain itu, kata dia, pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.45 Wita. Jadi, tidak ada kegiatan mahasiswa baru yang dilaksanakan sampai sore. Pukul 12.00, Kata dia, Komdis dan pihak keamanan Untad akan melaksanakan patrol ke setiap fakultas untuk memastikan tidak adanya aktivitas mahasiswa baru. Dengan begitu, tidak ada peluang bagi oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan kepada mahasiswa baru Untad.

Tentunya sebagai panitia, kata dia, dirinnya berharap agar pelaksanaan PKKMB tahu ini berjalan lancara sesuai dengan ketetapan yang ada. Sehingga, Untad sebegai Peguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Sulteng dapat menjadi contoh kepada seluruh PTN dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulteng tentang pelaksanaan PKKMB.ADK

Baca Juga :   Resmi Pimpin Palu, Hadi-Reny: Mari Bersama Bangun Palu Lebih Baik Lagi

Komentar

News Feed