oleh

KPU Lakukan Verifikasi Administrasi Berkas Gland David Levi

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Gland David Levi.

Hal itu menyusul adanya hasil mediasi yang dilakukan oleh Bawaslu antara KPU Sulteng dan Gland David Levi yang dilaksanakan, Kamis (2/8/2018) lalu.

“Pada prinsipnya, KPU masih memberikan ruang untuk melakukan perbaikan,”ujar Komisioner KPU Sulteng, Naharuddin, Jumat (3/8/2018).

Menurut Naharuddin, pada saat melakukan penyerahan hasil perbaikan berkas dukungan, Gland David Levi tidak melakukan submit pada Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPP), tetapi Hard Copy yang diserahkan lengkap.

Pada kesempatan itu, KPU menolak berkas Gland David Levi karena sudah melewati batas waktu yang ditentukan.

“Kita lihat Gland ini masih punya peluang untuk melakukan perbaikan, karena hard copynya lengkap. Cuma saja problemnya waktu itu, dia mendaftar pada saat pukul 11.55 WITA, maka Gland tidak punya kesempatan lagi untuk memproses submit pada SIPP. KPU akhirnya menolak berkas perbaikannya,”ujarnya.

Gland David Levi akhirnya melakukan gugatan di Bawaslu. Kemudian dilakukan proses mediasi dan diputuskan tetap melakukan penelitian terhadap berkas dukungan Bakal Calon DPD RI Gland David Levi.

Seperti diketahui, jumlah dukungan yang harus diserahkan oleh Gland David Levi sebanyak 1.314 orang.

Naharuddin menjelaskan, selain melakukan verifikasi administrasi berkas Gland David Levi, saat ini KPU Sulteng juga sedang melakukan verifikasi faktual terhadap 16 Bakal Calon anggota DPD lainnya. Sementara 5 bakal calon anggota DPD sudah dinyatakan memenuhi syarat yakni Syamsidi Markus, Yunan Lampasio, Ma’mun Amir, Abdul Rahman Thaha dan Lukky Semen. WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed