oleh

Ansyar Sutiadi: Pembinaan Siswa Tanggung Jawab Bersama

SULTENG RAYA – Melahirkan generasi cerdas, beriman dan bertaqwa membutuhkan keterlibatan seluruh elemen, termasuk orang tua.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi. Menurutnya, pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama antar guru disekolah dan orang tua siswa untuk memberikan pembinaan.

“Untuk itu, komunikasi antar sekolah dan keluarga harus selalu terjalin. Mengingat banyaknya bahaya dari pengaruh luar yang dapat merusak anak. Pemantauan dan pengawasan anak harus dilakukan secara bersama, sehingga pengaruh-pengaruh negatif yang masuk kepada anak dapat segara dideteksi dan diberikan pemahan yang benar,”kata Ansyar kepada Sulteng Raya, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, di era 4.0 atau era digitalisasi dan robotisasi saat ini, pengaruh dari luar sangat mudah diserap anak. Karena, kata dia, teknologi dan informasi sangat mudah didapatkan saat ini. Sehingga, dibutuhkan peran orang tua dalam mendampingi anaknya untuk memberikan pemahaman penggunaan tekologi. Jika orang tua dan pengelola pendidikan tidak mampu memberikan pemahaman penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik, maka pengaruh negatif tersebut dengan mudah mempengaruhi anak.

Baca Juga :   Wali Kota Palu, Kapolres dan Dandim Sidak ke Pasar

Kedepannya, kata dia, melalui program pendidikan keluarga, satuan pendidikan di Kota Palu diharapkan mampu mengajak orang tua siswa berpartisipasi dan melakukan pendidikan bersama, demi masa depan anak.

Dia menuturkan, hal itu perlu dilakukan pengelola pendidikan, terlebih lagi saat ini para siswa menjadi sasaran empuk peredaran narkoba. Hal itu, kata dia, membutuhkan peranan yang serius dari keluarga dan sekolah agar siswa tidak terjerumus pada pengaruh negatif semacam itu.

Sebagai pengelola pedidikan, kata dia, pihaknya terus berupaya melakukan berbagai terobosan untuk diterapkan di sekolah-sekolah.

”Namun, keberhasilan program tersebut bukan hanya ditentukan sekolah. Tetapi, peran orang tua sangat diharapkan agar program dan upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud,” tuturnya.ADK

Baca Juga :   Satgas Anti Narkoba Inisiasi Terbentuknya Kelurahan Bersinar

Komentar

News Feed