oleh

Setiap Pekan Satgas K5 Palupi Razia Kosan

-Kota Palu-dibaca 672 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Razia kosan dan kontrakan masih menjadi rutinitas Satuan Tugas (Satgas) K5 di Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga. Bahka, razia kosan itu telah dijadwalkan satu kali setiap pekan.

Demikian penyampaian salah satu anggota Satuan Tugas (Satgas) K5, Adam Lahidi, dikonfirmasi Sulteng Raya Senin (16/7/2018). Dia mengatakan, kegiatan razia kosan guna menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah itu. Ia mengaku, meski telah disepakati satu kali setiap pekan, namun mengenai hari dan waktu razia tidak ditentukan alias diacak.

“Kami rutin melakukan razia, di kosan dan rumah kontrakan, tapi sifatnya kondisional, karena bila dijadwalkan, dikhawatirkan akan diketahui oleh sasaran razia, bahwa pada hari sekian-sekian jadwal Satgas K5 turun razia,” kata Adam yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Palupi ini.

Baca Juga :   Ninik Rahayu: Kemerdekaan Pers Harus Ditopang Dua Pilar Penting

Ia mengaku, selama rutin razia, Satgas K5 telah menjaring puluhan pasangan di luar nikah. Upaya penanganan yang dilakukan, setiap pasangan terjaring, dilakukan konseling di Kantor Lurah Palupi. Namun, kata dia, pelaku yang melakukan perlawanan saat razia, digiring ke Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Palu selatan menggunakan mobil patroli.

“Sudah banyak kami jaring, biasanya kami berikan konseling, seperti penyuluhan tentang agama dan bahaya penyakit seks menular. Namun, bagi yang melakukan perlawanan, kami sudah siapkan mobil agar mereka diangkut patroli,” ujarnya.

Selain menjaring pasangan luar nikah, Satgas K5 Palupi juga kerap menjaring remaja dan pelaku pengguna narkoba serta minuman keras. Menurutnya, selain melakukan patroli keliling, Satgas K5 juga kerap medapat laporan masyarakat.

Baca Juga :   BPOM di Palu Sinergi Pemkab Buol Galakkan Keamanan Pangan

“Konseling yang kami lakukan, juga seperti bahaya narkoba dan miras, karena saya juga merupakan salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS. Jadi, itu sudah jadi tugas saya untuk menyampaikannya yang diselingi dengan pesan-pesan agama,” ucapnya.

Selain razia, tiap Sabtu, ia mengaku, Satgas K5 Palupi rutin melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan.

“Tiap Sabtu pagi, kami selalu melakukan kerja bakti, membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan melibatkan elemen masyarakat,” katanya. BAL

Komentar

News Feed