oleh

Gerindra Sulteng Segera Ganti Dua Legislator

SULTENG RAYA – Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan akan segera mengajukan proses pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua kadernya yang kini duduk di DPRD Sulteng.

“Bulan Juli ini sudah harus PAW,” kata Longki kepada wartawan usai mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD tingkat provinsi untuk Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulteng, Ahad (15/7/2018).
Sebelumnya, dua kader Gerindra itu dikabarkan telah berpindah partai yakni Sony Tandra pindah ke Partai Nasdem dan Hasan Patongai ke Partai Berkarya.

Menurut Gubernur Sulteng itu, keduanya sejak awal sudah menolak dicalonkan sebagai bakal caleg. Saat disodorkan formulir yang bersangkutan menyatakan tidak bersedia lagi.

Longki juga menyayangkan sikap kedua kader itu yang tidak secara resmi mengundurkan diri dari partai maupun DPRD.
Ia kembali menegaskan bahwa Gerindra Sulteng merasa bangga dan senang kadernya berpindah ke partai lain. Itu artinya kader Gerindra itu diperhitungkan partai-partai lain.

Baca Juga :   Hidayat – Bartho Janjikan BPJS Gratis untuk Keluarga Miskin

Sony Tandra terpilih pada Pemilu 2014 melalui Dapil V yakni Kabupaten Poso, Tojo Unauna, Morowali dan Morowali Utara. Sementara Hasan Patongai terpilih dari Dapil III meliputi Kabupaten Tolitoli dan Buol.

Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Kaderisasi dan Diklat sekaligus Kepala Badan Diklat Partai Gerindra Sulteng Sayutin Budianto Tongani juga berpindah ke Partai Nasdem.

Kader Gerindra itu menyerahkan formulir keanggotaan partai Nasdem pada Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Tengah Tahmidy Lasahido.

DAFTARKAN 45 BACALEG

DPD Partai Gerindra Sulawesi Tengah resmi mendaftarkan 45 orang bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD tingkat propinsi ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulteng, Ahad (15/7/2018).

Pendaftaran itu dilakukan Ketua DPD Gerindra Sulteng Longki Djanggola dan berkas pendaftaran diterima oleh Ketua KPUD Sulteng Tanwir Lamaming didampingi empat komisioner lainnya.

“Semua terpenuhi sesuai formasi. Untuk caleg perempuan juga terpenuhi bahkan melebihi persyaratan 30 persen,” kata Longki Djanggola yang juga Gubernur Sulteng itu usai menyerahkan dokumen.

Baca Juga :   DPW Nasdem Sulteng Pecat Delmard Siako Sebagai Kader

Sama dengan keinginan partai-partai lainnya, partai Gerindra tentunya menginginkan memperoleh suara sebanyak-banyaknya.

Gubernur Sulteng ini juga memastikan bahwa bacaleg yang diusung oleh Partai Gerindra merupakan caleg-caleg yang bebas dari kasus hukum. Karena kata Longki, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) no. 20 tahun 2018 menyebutkan bahwa mantan napi korupsi, bandar narkoba dan pelaku kekerasan seksual terhadap anak dilarang untuk maju sebagai caleg.

“Kami pastikan Gerindra patuh terhadap aturan yang ada. Untuk caleg perempuan juga terpenuhi persyaratan 30 persen, bahkan lebih,”ujar Longki.

Pada Pemilu tahun 2019 mendatang, Longki Djanggola mengatakan bahwa partainya menargetkan menjadi pemenang pemilu dan meraih kursi sebanyak-banyaknya. Bahkan kalau perlu, kata dia setiap daerah pemilihan meraih dua kursi.
“Jika perlu tiap daerah pemilihan bisa meraih dua kursi,” ujarnya.

Baca Juga :   Hidayat – Bartho Janjikan BPJS Gratis untuk Keluarga Miskin

Untuk DPRD Sulawesi Tengah, daerah pemilihan (Dapil) dibagi menjadi enam wilayah yakni Dapil I meliputi Kota Palu sebanyak 6 kursi. Dapil II meliputi Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 7 kursi. Dapil III meliputi Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol sebanyak 6 kursi. Dapil IV meliputi Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut Sebanyak 8 kursi.

Dapil V meliputi Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Morowali Utara sebanyak 10 kursi serta Dapil VI meliputi Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi sebanyak 8 kursi.

Pada pemilihan legislatif periode 2014-2019 lalu, Partai Gerindra mendapatkan enam kursi, dimana setiap Dapil mendapatkan satu kursi.Mereka adalah Dapil I yakni Alimudin Pa’ada. Dapil II yakni Zalzulmida A Djanggola. Dapil III yakni Hasan Patongai. Dapil IV yakni Djafar Tongko. Dapil V yakni Sonny Tandra dan Dapil VI yakni Arena Jr Parampasi. ANT/WAN

Komentar

News Feed