oleh

Warga Buang Sampah Siang Hari, DLH Kewalahan

SULTENG RAYA – Kesadaran warga Kota Palu mengenai kebersihan lingkungan, dinilai masih rendah.
Pasalnya, masih terlihat di salah satu Tempat Penampungan Sementara (TPS), warga membuang sampah pada siang hari. Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Palu Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, tidak dibenarkan membuang sampah pada siang hari.

Akbatnya, hal itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, mengaku kewalahan mengatasi sampah.
Demikian penyampaian Kordinator Pengawas Kebersihan Lingkungan DLH Kota Palu, Mohsen, dikonfirmasi Sulteng Raya, Selasa (10/7/2018).

Dia mengatakan, warga masih membuang sampah pada siang hari menambah pekerjaan ekstra DLH Kota Palu. Seharusnya, kata dia, pembuangan sampah hanya dibolehkan antara pukul 18.00 Wita hingga 06.00 Wita.

Baca Juga :   Wali Kota Minta Area Depan Toko Bebas Sampah

Sementara, anatara pukul 06.00 Wita sampai 18.00 Wita merupakan waktu kerja DLH Kota Palu mengangkut sampah. Sehingga, jika masih ada warga yang membuang sampah pada siang hari, maka DLH Kota Palu kadang dianggap tidak bekerja. Padahal, sampah sebelumnya sudah diangkut. Namun, setelah DLH Kota Palu usai melaksanakan tugas pengangkutan, masih saja warga membuang di tempat yang sama. Sehingga, meski telah dilalui pengangkutan, maka sampah bakal tetap menumpuk di TPS pada siang hari.
“Aktivitas warga seperti ini yang bikin susah pekerjaan DLH, warga yang tidak punya otak seperti itu,” katanya, menanggapi warga buang sampah di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Besusu Tengah.

Baca Juga :   100 KPM Nikmati Fasilitas ATM Beras BSI Palu

Menurutnya, sampah tidak nakal bisa terantisipasi, bila kesadaran kebersihan lingkungan warga belum terbangun, termasuk membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan dan waktu yang telah ditetapkan.

“Ini kita mau antisipasi, tapi warga yang belum sadar, masih buang sampah di siang hari terus, kami sudah kewalahan mereka buat,” katanya. BAL

Komentar

News Feed