oleh

Sampah Terangkut ke TPA 342 Ton Per Hari

SULTENG RAYA – Sampah adalah salah satu masalah kompleks dihadapi hampir di semua kota berkembang, baik di Indonesia maupun di dunia sekalipun.

Masalah itu seiring bertambahnya penduduk di suatu wilayah. Sehingga, untuk mengendalikannya, pemerintah di Indonesia telah melakukan sejumlah terobosan program.

Di Kota Palu, di bawah kepemimpinan Wali Kota Palu, Hidayat bersama wakilnya, Sigit Purnomo Said, salah satu terobosan digalakkan untuk penanganan sampah, memetakan titik tempat pembuangan sementara (TPS) di setiap kelurahan. Dari TPS itu, armada pengangkut sampah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, bakal menjemputnya untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Kawatuan, Kecamatan Mantikulore.

Baca Juga :   Kepsek Sebut Telah Menjadi Penggerak di Sekolah

Dalam sehari, setiap armada pengakut sampah mengangkut sampah dari TPS ke TPA Kawatuna mencapai 9 ton sampah. Jika diakumulasikan jumlah armada milik DLH Kota Palu sebanyak 38 unit, maka jumlah sampah yang terangkut ke TPA sebanya 342 ton per hari.

“Volume sampah dpt diukur dari banyaknya jumlah mobil armada yang melakukan pengangkutan per hari. Untuk armada angkutan sampah milik Pemda Kota Palu, sebanyak 38 armada sampah. Rata-rata dalam sehari melakukan pengangkutan sebanyak 3 rit. Sehingga, total pengangkutan per hari menjadi 114 rit. Jika dilakukan penghitungan menggunakan tonase, 1 armada melakukan pengangkutan per hari sebanyak 9 ton. Karena, rata-rata dalam 1 retasi adalah 3 ton. Jadi untuk jumlah tonase per hari mencapai 342 ton,” jelas Kepala Bidang (Kabdi) Persampahan dan Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Palu, Mohammad Iqbal kepada Sulteng Raya, Kamis (29/6/2018).

Baca Juga :   Dispar Palu Intensi Edukasi Prokes Bagi Pelaku Usaha Industri Pariwisata

Perlu diketahui, setiap armada sampah DLH Kota Palu, terdapat enam personil. Terdiri dari satu sopir membawai empat buruh pengakut sampah. Hingga kini, total personil armada pengangkut sampah DLH Kota Palu sebanyak 228 orang.HGA

Komentar

News Feed