oleh

PPDB SMPN 9 Palu Siapkan 320 Kuota

SULTENG RAYA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 Palu menyiapkan 320 kuota peserta didik baru, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. 320 orang tersebut nantinya akan dibagi dalam 10 Rombongan Belajar (Rombel).

Kepala SMPN 9 Palu, Hilmi S.Pd M.Pd, mengatakan, kuota tersebut berdasarkan jumlah ruangan kelas yang tersedia. Jadi, kuota tersebut ditetapkan berdasarkan daya tampung SMPN 9 Palu dan peraturan PPDB yang dikeluarkan pemerintah yaitu, satu rombogan belajar sebanyak 32 orang peserta didik.

“Formulir yang keluar sejak dibukanya PPDB SMP sudah sekitar 100 lembar, padahal ini baru awal PPDB dilaksanakan. Tahun lalu pendaftar di sekolah kami sekitar 630 siswa, sementara yang diterima hanya 352 dengan mengunakan 11 kelas, untuk itu PPDB tahun ini kami optimis bisa memenuhi kuota yang tersedia” kata Helmi, Selasa (26/6/2018).

Baca Juga :   Peduli Bencana Sulbar, Unismuh Palu Kirim Satu Truk Bantuan dan 25 Relawan

Dia mengatakan, target awal pihaknya hanya akan menerima sepuluh rombongan belajar. Namun, jika ternyata pendaftarnya melebih dari target, kemungkinan akan dilakukan perubahan dengan pertimbangan khusus dari pihak sekolah.

Dia berharap, pelaksanaan PPDB tahun ini berjalan lancar, kemudian orang tua siswa mendaftarkan anaknya sesuai dengan zonasinya. Sebab, sistem zonasi ini telah dua tahun dicanangkan, sehingga sistem tersebut harus dapat dipahami bersama dan penerapannya juga harus semakin membaik.

“Kami juga mengimbau kepada orang tua siswa, saat pertemuan bersama sekolah agar mendukung program-program sekolah dan juga siap bekerjasama dengan pihak sekolah, serta mendukung perencanaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu, agar tangung jawab pendidikan tidak terfokus hanya pada sekolah, karena begitu banyak persoalan siswa yang harus diselesaikan secara bersama,” ujarnya.

Baca Juga :   SDN 15 Palu Salurkan Bantuan Kepada Penyintas Sulbar

Salah satunya, kata dia, mengenai lingkungan bergaul anak yang harus dipastikan terhindar dari narkoba dan sebagainya. Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anak mereka agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak masa depan mereka.

Zonasi SMPN 9 Palu terdiri dari empat kelurahan yaitu, Birobuli Utara, Birobuli Selatan, Tatura Utara dan Tatura Selatan. Sementara zona utama dimulai dari Tatura Selatan, dan utara, kemudian menerima siswa dari Birobuli Utara dan Selatan. Namun, sesuai aturan yang berlaku, lima persen dari total kuota PPDB harus menerima jalur siswa yang berprestasi.ADK

Komentar

News Feed