oleh

11.834 Karyawan PT IMIP Dipastikan Ikut Pilkada

SULTENG RAYA – Karyawan PT IMIP dipastikan bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 pada pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Morowali. Sebelumnya, memang terjadi kesimpangsiuran terkait nasib 11.834 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berprofesi sebagai karyawan di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) karena terancam tidak menggunakan hak pilihnya.

Komisioner Bawaslu Sulteng, Zatriawati menyampaikan bahwa para karyawan yang terdaftar sebagai DPT di Kabupaten Morowali bisa menggunakan hak pilihnya setelah mendapat persetujuan dengan meliburkan karyawannya untuk ikut pilkada di daerah tersebut.
“Sebelumnya sudah terus diupayakan agar karyawan di perusahaan itu bisa ikut pilkada. Akhirnya, karyawan yang terdaftar sebagia DPT bisa ikut pilkada,” katanya saat menggelar rapat bersama anggota DPD RI terkait pengawasan pilkada serentak di Sulteng, Senin (25/6/2018).

Hal ini juga ditegaskan Direktur Intelkam Polda Sulteng, Kombespol Lilik Aprianto, terkait 11.834 karyawan PT IMIP yang terdaftar sebagai DPT, sudah dapat menggunakan hak pilihnya di masing-masing wilayah.

Baca Juga :   Lagi, Satresnarkoba Polres Morut Ungkap Kasus Sabu

“Sebelumnya PT IMIP tidak meliburkan para karyawannya yang terdaftar sebagai DPT untuk mengikuti pilkada serentak. Setelah diupayakan bersama Bawaslu, KPU, Pemprov dan pihak terkait, akhirnya bisa diliburkan,” terangnya.

Bahkan kata Lilik, pihak PT IMIP sendiri membantu mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak yang berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018 berupa sosialisasi penggunaan hak pilih.

“PT IMIP sendiri mau mensosialisasikan ke karyawannya tentang penggunaan hak pilih,” ujarnya.
Sementara itu, Anggota KPU Sulteng, Sahran Raden menyampaikan bahwa DPT di PT IMIP ada 11.834 pemilih yang terbagi dalam 9 kecamatan, diantaranya Kecamatan Witaponda dengan jumlah 524 pemilih, Kecamatan Bumi Raya 384 pemilih, Kecamatan Bungku Barat 609 pemilih, Kecamatan Bungku Tengah 1.660 pemilih, Kecamatan Bungku Timur 599 pemilih, Kecamatan Bahodopi 7.305 pemilih, Kecamatan Bungku Pesisir 99 pemilih, Bungku Selatan 364 pemilih dan di Menui Kepulauan ada 290 pemilih.

Baca Juga :   Kafilah Bungku Tengah Juara Umum MTQ Morowali

“Namun, untuk wilayah yang jaraknya cukup jauh, yakni Menui Kepulauan, Bungku Selatan dan Bungku, bisa menggunakan A5 atau pindah memilih,” jelasnya.

Jika terjadi kekurangan surat suara akibat membludaknya A5, akan diberlakukan dua prosedur yang bisa ditempuh DPT, yakni pertama mengambil surat suara yang ada di TPS yang lain. Kedua, memindahkan pemilihnya di TPS terdekat. RAF

Komentar

News Feed