oleh

Danau Tinawuhu Bakal Jadi Objek Wisata

-Metropolis-dibaca 381 kali

SULTENG RAYA – Lembah Besoa yang berada di Kecamatan Lore Tengah ternyata memiliki banyak tempat objek wisata yang patut untuk dikembangkan.

Selain yang ada di Desa Doda yang mempunyai situs megalitikum Pokekea dan Tadulako, di Desa Torire juga memiliki danau Tinawuhu dan patung megalit.

Danau Tinawuhu yang mempunyai luas kurang lebih 1.300 meter persegi ini merupakan sebuah warisan leluhur dari nenek moyang warga Desa Torire, sehingga rencananya bakal dijadikan objek wisata yang bisa dimanfaatkan potensinya untuk pariwisata yang selama ini belum digarap oleh pemerintah setempat.

Kepala Desa (Kades) Torire, Steven Malonta mengatakan bahwa untuk danau Tinawuhu tersebut rencananya bakal dijadikan tempat objek wisata oleh pemerintah Desa Torire.

“Sebagai kepala desa, saya tentunya sangat berharap danau Tinawuhu kedepannya akan menjadi income terbesar buat desa yang kami cintai ini,” tuturnya.

Lanjut Steven, dengan melihat potensi tersebut kami sebagai pemerintah desa berharap ada pihak investor mau bekerjasama mengelola untuk menjadikan danau Tinawuhu menjadi destinasi objek wisata yang ada di lembah besoa.

Steven menegaskan, rencananya pada tahun 2019 melalui anggaran dana desa, dirinya akan menganggarkan pengembangan objek wisata diantaranya untuk perbaikan infrastruktur menuju tempat wisata, sebab pemanfaatan dana desa (DD) untuk pariwisata sudah diatur dalam peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018.

“Namun akan tetapi, tentunya dana desa tak akan cukup dalam mengembangakan objek wisata danau Tinawuhu, sebab dana desa juga masih memprioritaskan untuk hal lainnya maka dari itu kami berharap ada pihak investor yang mau bekerjasama dengan pemerintah desa dalam mengembangkan objek wisata danau Tinawuhu,” harapnya.TON

Komentar

News Feed