oleh

Satgas K5 Tidak Segan Polisikan Pedagang

SULTENG RAYA – Satuan Tugas (Satgas) K5 Kelurahan Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan, menyatakan tidak segan-segan melaporkan engecer Elpiji 3 kilogram yang menjual di atas HET atau melampaui Rp16 ribu per tabung di wilayahnya.
Demikian penyampaian Lurah Tatura Utara, Firman, saat dikonfirmasi Sulteng Raya, Ahad (6/5/2018).

Ia mengatakan, niat itu berdasarkan hasil penelusurannya melalui razia lanjutan bersama Satgas K5 dan suro nu adat (polisi adat bentukan Pemerintah Kota Palu), menemukan pengecer menjual Elpiji 3 kg hingga Rp25 ribu per tabung di kios di area Pasar Masomba, Sabtu (5/5/2018).

Mirisnya, akibat keuntungan yang menjanjikan dari penjualan Elpiji 3 kg, kini bukan hanya pemilik kios yang menjual barang subsidi untuk masyarakat miskin itu. Fakta lapangan, pihaknya menemukan pedagang ayam juga ikut menjual si melon itu.

Baca Juga :   Kurma Khalas dan Golden Paling Dicari Masyarakat

“Hasilnya ditemukan satu orang pemilik lapak penjual ayam, yang menjualnya di atas HET, Rp25 ribu per tabung. Bila esok hari (kemarin) masih menjual dengan harga yang sama, maka tidak segan melaporkan kepada polisi, sesuai nomor yang terlampir dalam format biodata yang dikirimkan kepada pemerintah kelurahan, dari bagian administrasi umu setda Kota Palu,” ungkapnya.

Agar penggunanaan Elpiji 3 kg di Kelurahan Tatura Utara tepat sasaran untuk warga miskin, Satgas K5 mengimbau warga, agar menukarkan Elpiji 3 kg hanya di pangkalan yang mempunyai surat izin resmi dari agen PT Pertamina.

Selain itu, pangkalan diminta melayani penukaran tabung gas Elpiji 3 kg kepada warga berdomisili di Kelurahan Tatura Utara atau tempat tinggalnya berada dalam satu lingkungan tempat pangkalan. Untuk mewujudkan hal itu, ia bakal menempatkan orang kepercayaannya mengawasi langsung penyuplaian Elpiji 3 kg di setiap pangkalan dari agen distributor resmi.

Baca Juga :   Penerima BPUM Harap Hindari Kerumunan

“Dan sudah disampaikan kepada pemilik pangkalan, agar mereka melayani masyarakat dengan baik,” terangnya.
Pihaknya juga bakal mengirimkan daftar warga miskin di wilayahnya, kepada pihak pangkalan untuk memudahkan identifikasi penukaran Elpiji 3 kg bila ada warga yang datang menukarkan tabungnya dengan disertai fotokopi KTP. BAL

Komentar

News Feed